Apa Itu KJPP? Lembaga Independen yang Tentukan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang, Ini Tugasnya

Apa Itu KJPP? Lembaga Independen yang Tentukan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang, Ini Tugasnya

Apa Itu KJPP? Lembaga Independen yang Tentukan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang--antaranews.com

BACA JUGA:Penampilan Terbaru Plaza Pasar 16 Ilir Palembang Pusat Perdagangan Terbesar di Sumbagsel Makin Indah Menawan

Dalam polemik kenaikan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang Rizal  dalam menetapkan harga tetap merujuk kepada putusan oleh KJPP itu sendiri. 

"Kalau pedagang ingin mengusulkan silakan, namun dalam aturannya kita tidak boleh menetapkan hanya atas suka-suka antara pihak ketiga dan pedagang saja tanpa melibatkan lembaga independen." ujarnya.

Lebih lanjut menurut Rizal kalau saat ini pihaknya belum bisa mengakomodir permintaan daripada para pedagang, akan tetapi sebenarnya sebelum itu semuanya hampir menemukan kesepakatan meski beberapa pedagang ada yang menolak. 

"Silahkan saja pedagang menolak, namun tetap akan kita sampaikan kepada KJPP, tapi kami tidak bisa memastikan apakah kjpp menuruti kehendak daripada pedagang," jelasnya.

BACA JUGA:Naik Kepenyidikan, Kasus Mangkraknya Pembangunan Pasar Cinde Palembang Seret Sejumlah Nama Pejabat

Renovasi dan Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang 

Pasca renovasi dan revitalisasi nantinya gedung pasar 16 Ilir Palembang akan berubah nama menjadi The Heritage 16 Ilir. Yuk intip konsepnya seperti apa?

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, pasar yang menjadi salah satu ikon kota Palembang ini nantinya akan hadir dengan konsep modern.

Akan dipasang eksalator seperti pasar ritel modern, sehingga memudahkan pedagang dan pembeli bertransaksi di semua lantai pasar.

Pasar 16 Ilir ini hanya direnovasi bukan dibongkar dan dibangun ulang, tidak sama seperti Pasar Cinde yang bangunannya dibongkar dan sampai sekarang pembangunan pasar masih jalan di tempat. Pasar Cinde dibawah pengelolaan Pemprov Sumsel.

BACA JUGA:Mangkrak Pembangunan Pasar Cinde Palembang, Rugikan Pedagang Hingga Rp 8 Miliar Lebih, Ini Masalahnya

Nantinya, fungsi dari Pasar 16 akan tetap sama dan tidak akan berbeda, justru semakin baik dan nyaman untuk berbelanja. Konsepnya saja yang lebih modern, seperti pasar ritel modern.

Dirut Perumda Palembang Jaya Abdul Rizal mengatakan Pasar 16 Ilir saat ini pengelolaannya bukan lagi dihandel oleh Perumda Palembang Jaya melainkan dengan pihak ketiga yakni PT Bima Citra Realty per 17 Mei 2023.

"Oleh sebab itu semua urusan pedagang yakni sewa kios, lapak, dan lainnya diserahkan ke pengelola baru,"ujar Rizal.

Sumber: berbagai sumber