Ratu Dewa Minta Penetapan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang Dibahas Bersama

Ratu Dewa Minta Penetapan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang Dibahas Bersama

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa meminta agar penetapan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang dibahas bersama sebelum ditetapkan--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Pj Walikota Palembang Ratu Dewa meminta agar penetapan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang dibahas bersama sebelum ditetapkan.

Menyikapai polemik mahalnya yang terjadi soal kenaikan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang yang dikeluhkan oleh para pedagang Ratu Dewa agar pihak terkait dan pedagang dapat duduk bersama membahas hal tersebut.

Ratu Dewa juga meminta agar harga sewa pasar 16 Ilir Palembang jangan dulu ditetapkan sepihak sebab menurutnya dari awal dia sudah minta benar-benar dikaji dan komprehensif jangan sampai memberatkan. 

Dia juga sudah meminta agar Sekda membahas dan berkoordinasi dengan seluruh yang terkait. "Coba duduk sama-sama dulu untuk penentuan harga ini dengan membuat kajian," ujarnya.

BACA JUGA:Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang Naik Jadi Rp 350 Juta, Buat Pedagang Menjerit, Ini Respon Ratu Dewa

Sebelumnya Asosiasi pedagang pasar seluruh Indonesia (APPSI) mengelukan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang naik jadi Rp 350 Juta untuk 25 tahun hal tersebut pun mendapat respon dari PJ Wako Palembang Ratu Dewa.

Renovasi dan kenaikan harga sewa pasar 16 Ilir Palembang yang saat ini dikelaola oleh PT Bima Citra Realty (BCR) banyak menuai protes dari para pedagang. 

Para pedagang menilai sebagai pengelola PT BCR banyak merugikan mulai dari pemasangan seng saat renovasi hingga mahalnya harga sewa.

Mengutip dari sumeks.co, Ketua Pengurus Komisariat APPSI, Ferinal Mulya, meminta kepada Pj Wali Kota Palembang untuk merespon masalah yang terjadi antara pedagang dan PT BCR.

BACA JUGA:Apa Itu KJPP? Lembaga Independen yang Tentukan Harga Sewa Pasar 16 Ilir Palembang, Ini Tugasnya

“Kami minta Pj Wali Kota Palembang untuk segera melepas seng yang dipasang oleh PT BCR agar konsumen dan pengunjung bisa leluasa keluar masuk ke Pasar 16 Ilir,” kata Ferinal. Rabu 6 Maret 2024.

Menurut Ferinal akibat adanya pemasangan seng renovasi pasar 16 Ilir Palembang, menyebabkan omset para pedagang menurun hingga 70 persen.

Hal tersebut kian diperparah dengan adanya pemberitahuan resmi dari PT BCR mengenai harga sewa pasar 16 Ilir Palembang naik jadi Rp 350 Juta untuk masa 25 tahun.

Untuk itu pihak APPSI meminta kepada Pj Wali Kota Palembang dan PD Pasar Palembang Jaya untuk menetapkan harga perpanjangan sertifikat HGB petak atau kios di Pasar 16 Ilir yang dapat diperbincangkan dengan para pedagang Pasar 16 Ilir.

Sumber: