Kaya Akan Sumber Daya Alam Sering Kali Malah Sebabkan Negara Jadi Miskin?

Kaya Akan Sumber Daya Alam Sering Kali Malah Sebabkan Negara Jadi Miskin?

faktor yang menyebabkan negara yang kaya akan sumberdaya alam sering menjadi negara miskin di Dunia--

Akibat dari solusi ini terjadinya hiperinflasi di Venezuela, Inflasi di Venezuela ini sempat menyentuh angka 1 juta persen. 

Harga-harga barang disana semakin tidak terjangkau, bahan pokok juga menjadi langka dan pengangguran meningkat sangat banyak karena pemerintah sudah tidak sanggup lagi untuk memperkerjakan mereka.

Rakyat Venezuela yang dulunya hidup sejahtera berubah menjadi rakyat yang hidup dalam kemiskinan, bahkan terdapat beberapa masyarakatnya yang migrasi ke luar negeri dengan kondisi lebih menjanjikan.

BACA JUGA:Mengenal Gerakan Sumbangan Emas Korea Selatan, yang Berhasil Membawa Negara Ini dari Keterpurukan Menjadi Maju

Berdasarkan survey dari Global Misery Index, Venezuela merupakan negara paling menyedihkan di dunia selama 6 tahun berturut-turut.

 Ketergantungan ekspor sumber daya alam juga dapat membawa masalah jika  sumber daya tersebut tidak dapat diperbarui, karena cepat atau lambat cadangan mineral yang di tambang tentu saja akan habis.

Jika miasalnya negara tersebut tidak memiliki sumber pemasukan alternatif, ekonomi mereka bisa langsung terpuruk ketika sumber daya alam mereka habis. 

Hal tersebut juga pernah terjadi di Negara Nauru, sebuah negara kecil di Samudera Pasifik yang kaya akan kandungan fosfat yang sangat dibutuhkan banyak industri rumah tangga.

Bahkan negara kecil seperti Nauru sempat menjadi negara dengan GDP perkapita tertinggi di dunia berkat ekspor fosfat mereka, tetapi ketika cadangan fosfat mereka mulai habis Nauru yang tidak dapat mengelola kekayaan alam yang mereka miliki berakhir menjadi negara bangkrut.

Hal tersebut dikarenakan Nauru sudah tidak mampu untuk melunasi hutang, rakyatnya yang dulu sejahtera dan banyak mendapatkan fasilitas subsidi dari pemerintah berubah hidup serba kekurangan. 

2. Tidak Mengolah Kembali Bahan Mentah

Negara yang kaya sumber daya alam tidak mempunyai inisiatif untuk mengolah sumber daya alam mereka menjadi produk jadi atau minimal setengah jadi. 

BACA JUGA:Wow! Ternyata Ini yang Jadikan Amerika Serikat Negara dengan Ekonomi Terkuat di Dunia, PD Ke-2 Salah Satunya

Hal ini mengakibatkan Sektor-sektor produksi dan manufaktur menjadi tidak berkembang karena  penjualan bahan mentah mereka sudah cukup menguntungkan.

Apalagi jika pengolahan bahan mentah setengah jadi atau sudah jadi membutuhkan investasi yang mahal, waktu yang lama, dan juga risikonya lebih besar. 

Sumber: