Kaya Akan Sumber Daya Alam Sering Kali Malah Sebabkan Negara Jadi Miskin?

Kaya Akan Sumber Daya Alam Sering Kali Malah Sebabkan Negara Jadi Miskin?

faktor yang menyebabkan negara yang kaya akan sumberdaya alam sering menjadi negara miskin di Dunia--

Sementara bahan baku yang terserap berasal dari dalam negeri dengan tenaga kerja yang dipekerjain juga mayoritas orang lokal, hal ini akan membuat terjadinya proses transfer ilmu serta teknologi  yang dipelajari oleh orang-orang lokal.

3. Mengembangkan sektor ekonomi 

Negara dengan sumber alam yang kaya harus dapat mengembangkan sektor ekonomu yang tidak bergantung dengan ekspor sumber daya alam, baik itu sektor jasa, pariwisata, atau industri barang jadi. 

Hal ini akan membuat kekuatan ekonomi negara yang tidak hanya bergantung di satu sektor saja, apabila jika satu sektor sedang kolaps, sektor lain masih sanggup untuk menopang ekonomi negara tersebut. 

Terdapat beberapa negara yang dapat melawan masalah yang sering terjadi di negara yang kaya akan sumber daya alam, seperti Uni Emirat Arab yang beberapa kali mengalami kejatuhan harga minyak bumi.

Namun negara timur tengah ini belajar dari negara lain setelah mengalami hal tersebut. Dimana Uni Emirat Arab mulai mendiversifikasi ekonominya ke sektor jasa, keuangan, dan juga pariwisata.

BACA JUGA:Kian Meningkat, Judi Online Berpotensi Sebabkan Krisis Ekonomi di Indonesia, Berikut Langkah Antisipasinya

Ketergantungan Uni Emirat Arab dari sektor minyak menurun dari 43 persen jumlah GDP di tahun 2001 menjadi 31 persen saja di tahun 2015. 

Sedangkan kontribusi sektor pariwisatanya naik dari 3 persen di tahun 90an menjadi 16,5 persen di tahun 2010. 

Meskipun masih berjuang melawan ketergantungan dengan minyak bumi, Uni Emirat Arab mempunyai visi untuk melepas ketergantungan mereka di tahun 2030. 

Contoh lainnya adalah egara Amerika Serikat yang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, mulai dari batu bara, kayu, gas alam, emas, dan juga tembaga yang total nilainya mencapai 45 Triliun dolar Amerika.

Meskipun begitu, Amerika tidak menggantungkan ekonominya hanya pada sumber daya alam saja dan penjualan bahan mentah. 

Amerika justru lebih dikenal sebagai raksasa industri digital yang terus mengeluarkan inovasi baru seperti media sosial, perangkat lunak, hingga layanan service digital yang digunakan oleh masyarakat seluruh dunia. 

Sumber daya alam yang melimpah tidak selalu menjadi anugerah, tetapi juga dapat menjadi bencana jika tidak mengerti cara mengelolanya dengan baik.

 

Sumber: