Simak! Ini Posisi Tidur untuk Penderita Vertigo agar Tidak Sering Kambuh

Simak! Ini Posisi Tidur untuk Penderita Vertigo agar Tidak Sering Kambuh

Ilustrasi vertigo--

PALEMBANG. RADARPALEMBANG.COM - Kalau kamu pernah merasa ruangan seakan berputar padahal tidak bergerak, kamu mungkin mengalami vertigo. Selain pusing, vertigo juga bisa disertai perasaan oleng.

Orang dengan vertigo bisa mengalami sensasi tidak seimbang selama beberapa saat, berjam-jam, bahkan kadang bisa sampai berhari-hari.

Setidaknya pada beberapa orang vertigo berpotensi mengganggu tidur (PLoS One, 2018).

Dampak pada tidur lebih mungkin terjadi jika episode vertigo terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama (Heliyon, 2022).

BACA JUGA:Tak Perlu Minum Obat, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Sakit Kepala

Demikian pula, beberapa gangguan tidur telah dikaitkan dengan prevalensi BPPV dan bentuk vertigo lainnya yang lebih tinggi.

Meskipun penelitian lebih lanjut mengenai vertigo dan tidur diperlukan, tetapi bukti menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan dua arah antara keduanya (Journal of Clinical Sleep Medicine, 2018).

Selain itu, gejala vertigo juga dapat diperburuk akibat kurang tidur.

Mungkin salah satu aspek paling menantang bagi penderita gangguan yang dapat menyebabkan vertigo adalah istirahat malam yang cukup.

BACA JUGA:Stres, Kurang Tidur hingga Kopi Sebabkan Sakit Kepala Terus Menerus, Cek Pemicu Lainnya

Pasalnya, posisi tidur tertentu atau perubahan posisi kepala bisa memicu episode vertigo.

Banyak orang yang pertama kali mengalami serangan vertigo saat berbaring sebelum tidur atau berguling di tempat tidur. Apa itu vertigo?

Vertigo adalah sensasi lingkungan sekitar yang berputar-putar. Ini bisa membuat kamu merasa pusing dan tidak seimbang.

Vertigo bukan penyakit yang berdiri sendiri, melainkan gejala dari banyak kondisi kesehatan, tetapi bisa juga terjadi bersamaan dengan gejala lainnya.

Sumber: