Harapan Mekopolhukkam Mahfud MD, KPK Menelusuri Transaksi Aneh Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo Sejak 2012

Harapan Mekopolhukkam Mahfud MD, KPK Menelusuri Transaksi Aneh Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo Sejak 2012

Pegawai Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo dan anaknya Mario Dandy Satriyo yang bergaya hidup hedonis dan melakukan penyaniyaan terhadap seorang remaja David hingga koma. ----fin

BACA JUGA:Kinerja Semen Baturaja di 2022 dan Target Bisnis Tahun 2023 Terkait Efisiensi Biaya Distribusi

Menurut Ali, KPK juga akan segera memanggil Rafael  guna melakukan klarifikasi terhadap LHKPN yang dia laporkan. KPK akan melakukan konfrontir dengan harta faktual dimiliki Rafael. 

Sementara itu, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan, harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo—Ayah dari Mario Dandy Satriyo, anak pejabat pajak hedonis--  tidak sesuai dengan profilnya. 

Menurutnya, berdasarkan LHKPN tahun 2021, harta Rafael Alun mencapai Rp56,1 miliar.  Sementara yang  bersangkutan hanya PNS eselon III di lingkungan Ditjen Pajak, yaitu Kabag Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. 

BACA JUGA:2 Karyawan BRI Pembobol Rekening Nasabah Diringkus, Kerugian Capai Rp5,2 Miliar

‘’Dari harta yang dilaporkan Rafael dalam LHKPN isinya banyak asset.  Nilai harta Rafael sangat tidak match dengan posisi dan jabatan yang pernah Dia emban sebagai PNS,’’ujar  Pahala Nainggolan, kepada pers pada Jumat, 24 Februari 2023, sebagaimana mengutip dari liputan6.com.

Maka dari itu lanjut Pahala,  atas harta kekayaan yang mencurigakan itu, KPK akan memanggil Rafael dalam waktu dekat. ‘’KPK ingin mendalami asal usul dari harta itu,’’ujarnya.

Menurutnya, dalam pemeriksaan nanti penyidik KPK akan mencari tahu apakah ada asset Rafael yang tidak dilaporkan dalam LHKPN. 

BACA JUGA:Tokoh Inspirasi, Dian Pelangi, Desainer Multitalenta

Untuk meneliti Aset Rafael berupa tanah dan bangunan KPK akan mendatangi dan meminta keterangan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).  Begitu juga untuk meneliti rekening bank bersangkutan, KPK akan mendatangi bank, jika  ada rekening yang bersangkutan belum dilaporkan. 

‘’Nanti KPK juga akan mengejar tentang asuransi yang dimiliki Rafael. Kita akan datangi asosiasi asuransi, jika ternyata Rafael memiliki polis asuransi hingga miliaran rupiah tetapi tidak dilaporkan.’’ 

KPK lanjutnya, juga akan mengecek kekayaan Rafael di bursa efek, kalah saja dia memiliki saham atau obligasi tetapi tidak dilaporkan dalam LHKPN. 

BACA JUGA:5 Ide Souvenir Pernikahan yang Bermanfaat Buat Tamu Undangan

Mencuatnya harta kekayaan tak wajar pegawai Ditejen Pajak Rafael Alun Trisambodo berawal dari tindakan anaknya  Mario Dandy Satriyo yang menganiaya seorang remaja bernama David-- anak dari Pengurus Pusat (PP) GP Ansor Jonathan Latumahina.

Mario Dany termakan hasutan perempuan inisial A sehingga membuatnya nekat melakukan penganiyaan terhadap David. Netizen menduga, pertempuan A itu adalah, Agnes Gracia Haryanto.  

Sumber: