Tokopedia Sediakan Layanan Asuransi Pengiriman, Hindari Kerugian Penjual dan Beri Rasa Aman Pembeli

Tokopedia Sediakan Layanan Asuransi Pengiriman,  Hindari Kerugian Penjual dan Beri Rasa Aman Pembeli

Tokopedia Sediakan Layanan Asuransi Pengiriman--doc radarpalembang.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM- Tokopedia menyediakan layanan asuransi pengiriman yang dapat digunakan oleh para penjual di Tokopedia untuk mengurangi risiko kerugian bagi para penjual dan memberikan rasa aman bagi para pembeli yang berdampak pada pertumbuhan bisnis mereka. 

Asuransi pengiriman Blbarang mengurangi risiko dan memudahkan penjual okopedia  Sales and Operations (Logistics) Senior Lead Tokopedia, Joe Kevin Joviand mengatakan, beberapa manfaat asuransi pengiriman barang yang didapatkan oleh Penjual maupun Pembeli.

Pertama  Pengembalian Dana 100 persen dari Harga Produk tidak dapat dipungkiri, akan selalu ada risiko dalam berjualan, salah satunya yaitu terjadi kendala dalam pengiriman. Kendala tersebut dapat berupa kerusakan ataupun kehilangan barang pada saat proses pengiriman kepada pembeli.

Sebagai jawaban atas kemungkinan terjadinya risiko-risiko tersebut, Tokopedia menyediakan Layanan Asuransi Pengiriman yang menguntungkan pihak penjual dan pembeli.

BACA JUGA:Jelang Valentine, Penjualan Cokelat di Tokopedia meningkat Pesat

Penjual akan lebih aman jika mengaktifkan Layanan Asuransi Pengiriman dengan pengembalian dana 100% dari harga produk dan biaya pengiriman.

Namun, bila Layanan Asuransi Pengiriman tidak aktif maka penjual hanya menerima refund sebesar 10x ongkos kirim (maksimal Rp1.000.000 atau seharga barang dengan pemilihan nominal yang paling rendah di antara keduanya).

“Penjual dengan status Official Store (OS) secara otomatis Layanan Asuransi Pengiriman sudah aktif untuk semua transaksi dan pembeli tidak dibebankan biaya.

Sedangkan bagi penjual non-OS, terdapat pilihan untuk mengaktifkan mandatory insurance atau pilihan bebas sesuai keinginan pembeli,”kata Kevin, Selasa 28 Februari 2023.

BACA JUGA:Ingin Percantik Rumah Biar Lebih Nyaman, Sudah Pasti Tokopedia Solusinya

Kemudian Pembeli tidak dibebankan biaya retur jika barang yang telah dibeli sampai, tetapi produk yang diterima pembeli tidak sesuai atau rusak, pembeli bisa saja kecewa.

" Terlebih lagi jika harus menanggung ongkir ketika retur. Namun, risiko ini akan mudah ditangani jika pembeli menyetujui Layanan Asuransi Pengiriman yang telah diaktifkan oleh penjual,"ujarnya.

Sejauh ini, sudah banyak pembeli yang memanfaatkan Layanan Asuransi Pengiriman ketika berbelanja di Tokopedia.

Menurut data temuan Tokopedia di sepanjang tahun 2022, beberapa wilayah populer dengan peningkatan jumlah pembeli yang memanfaatkan layanan ini tersebar di Kota Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, dan Medan.

Sumber: