UMKM Warunk Nusantara Jaminan Sembako Murah Berkualitas Menuju Koperasi HBB

UMKM Warunk Nusantara Jaminan Sembako Murah Berkualitas Menuju Koperasi HBB

Ketua DPD HBB Sumsel Jupernando Simanjuntak SH bersama dengan pelaku UMKM Warunk Nusantara.-susiyenuari/radarpalembang.com-

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Ormas Horas Bangso Batak (HBB) Sumatera Selatan (Sumsel) terus mengembangkan organisasi di tahun 2024 dengan beragam kegiatan. 

Salah satunya adalah program UMKM Warunk Nusantara untuk para anggota, dengan harapan bisa menuju tingkat kesejateraan yang lebih baik.

Warunk Nusantara dengan slogan jaminan sembako murah berkualitas ini dijalankan oleh sekitar 20 anggota dengan modal awal diberikan sebesar Rp 7 juta untuk masing-masing anggota. 

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HBB Sumsel, Jupernando Simanjuntak SH, kepada rekan-rekan media. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Sumsel Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-1 DPD HBB Sumsel di Palembang

"Untuk tahap awal ini baru 20 warung yang kita buka untuk para anggota, sedangkan target di tahun ini sebanyak 50 warung. Sistemnya hibah, kerjasama dengan HBB Pusat. Bukan pinjaman. 

Modal awal setiap anggota sebesar Rp7 juta dalam bentuk sembako yang telah disiapkan seperti beras, minyak sayur, gula dan mie goreng. 

Para anggota yang terpilih tinggal berjualan dan diharapkan para ibu-ibu ini ada kegiatan dan dapat menambah pendapatan keluarga,"jelas Jupernando didampingi pelaku UMKM HBB.

Ke depan, sambung Jupernando yang berprofesi sebagai advokat ini, Warunk Nusantara diharapkan semakin berkembang dan tumbuh dan bisa menjadi koperasi HBB.

BACA JUGA:HBB DPC Kota Palembang Gelar Aksi Peduli Bagikan 1.000 Masker Antisipasi Polusi Kabut Asap

"Sekarang masih warung, nanti diharapkan semakin berkembang menjadi toko manisan. Jadi anggota harus aktif berjualan,"harapnya.  

Sebenarnya sudah disampaikan terdahulu oleh ketua umum kita. Mengapa ini dibuat?

Rencana pembina dengan ketua umum kita menyampaikan untuk mengurangi pengangguran. Agar ibu-ibu khususnya ibu-ibu HBB dapat bekerja membantu perekonomian keluarga.

Memang awal ini, Warunk Nusantara hanya beberapa item pada pengiriman awal yaitu beras, gula, minyak dan mie. Tapi ke depan, saya sudah berkomunikasi dengan pusat bahwa warung ini nantinya tidak sederhana akan jadi toko manisan.

Sumber: