Kebutuhan Likuiditas Naik 12 Persen, BI Sumsel Siapkan Rp5,3 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran 2024

Kebutuhan Likuiditas Naik 12 Persen, BI Sumsel Siapkan Rp5,3 Triliun untuk Penukaran Uang Lebaran 2024

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (BI Sumsel) melihat ada potensi peningkatan permintaan likuiditas Ramadhan 1445 H.--

BACA JUGA:Persiapan Championship TP2DD 2024, BI Sumsel Sosialisasi dan Literasi Keuangan Digital Pemda se-Sumatera

Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Bank Indonesia (BI) untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat,

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadan dan Idulfitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” yang diluncurkan Jumat 15 Maret 2024.

SERAMBI 2024 juga menjadi momen Bank Indonesia untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah.

Cinta Rupiah diwujudkan dengan senantiasa menyayangi Rupiah dengan mengenali ciri keaslian uang Rupiah yaitu Dilihat, Diraba, Diterawang (3D).

BACA JUGA:Upaya Cegah Inflasi dan Dukung GSMP, BI Sumsel dan Pemprov Sebar Bibit Cabai dan Bawang di Sekolah dan Kantor

Selain itu, juga merawat Rupiah yang dimiliki dengan baik yaitu Jangan dilipat, Jangan dicoret, Jangan diremas, Jangan distapler, dan Jangan dibasahi (5J). 

Bangga Rupiah karena Rupiah tidak hanya sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegiatan perekonomian nasional tetapi juga merupakan simbol kedaulatan bangsa.

Penggunaan uang Rupiah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki peranan penting dalam menjaga kedaulatan negara.

Sementara itu, Paham Rupiah ditunjukkan melalui perilaku bijak berbelanja sesuai kebutuhan, berbelanja produk dalam negeri untuk dukung UMKM nasional, serta menabung dan berinvestasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

BACA JUGA:Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, BI Sumsel Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak

Sumber: