Upaya Cegah Inflasi dan Dukung GSMP, BI Sumsel dan Pemprov Sebar Bibit Cabai dan Bawang di Sekolah dan Kantor

Upaya Cegah Inflasi dan Dukung GSMP, BI Sumsel dan Pemprov Sebar Bibit Cabai dan Bawang di Sekolah dan Kantor

Penghargaan upaya perluasan digitalisasi daerah melalui QRIS di Provinsi Sumsel tahun 2023 diserahkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Ricky Perdana Gozali kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, saat launching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau GSM--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Bank Indonesia Perwakilan Sumsel (BI Sumsel) bersama Pemprov Sumsel melaunching Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to School and Goes to Office.

Kegiatan ini dilaksanakan di Plaza Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Minggu 25 Februari 2024.

Program ini merupakan bagian dari Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak se-Sumatera Selatan (GPISS) yang selaras dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"GSMP Goes to School Goes to Office sebagai bentuk keseriusan Pemprov Sumsel dalam mengendalikan inflasi,"kata Penjabat (Pj) Gubernur Agus Fatoni.

BACA JUGA:Sumsel Alami Deflasi 0,08 Persen di Januari 2024, BI Sumsel: Stok Cabai dan Beras Melimpah karena Masa Panen

Nantinya pemberian bibit tersebut bersumber dari APBD Provinsi Sumsel yang nantinya ditanam oleh pihak sekolah dan perkantoran di lahan sekitar.

"Kita sudah mengalokasikan anggaran (GSMP) yang cukup banyak dari provinsi, juga bisa ditambah dari APBD Kabupaten/Kota,"kata Fatoni.

Bahkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau GSMP, sambung dia, juga bisa ditambah dari yang bersumber dari APBD desa. 

"Ini semua perlu kita lakukan secara masif agar gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini betul-betul membuat Sumsel Mandiri akan pangannya dan juga kita bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari,"kata Fatoni.

BACA JUGA:Dukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, BI Sumsel Launching Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak

Untuk itu, Fatoni mengimbau para Kepala Sekolah untuk segera melaporkan kebutuhan bibit yang diperlukan.

Sehingga dapat menjadi dasar Pemprov Sumsel dalam memberikan bantuan bibit ke masing-masing sekolah dalam program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau GSMP.

"Kepala sekolah segera laporkan kebutuhan bibitnya, karena ini menjadi dasar kita untuk memberikan bantuan,"jelas dia. 

"Saya juga berpesan agar kegiatan ini dipublikasikan secara luas, sehingga yang kita lakukan diketahui masyarakat, kita banyak melakukan upaya untuk memajukan Sumsel terutama untuk kesejahteraan masyarakatnya,"ucap Fatoni.

Sumber: