Konsumsi Avtur di April Melonjak 189 Persen, Kilang Pertamina Plaju Prediksi Peningkatan Serupa di Musim Haji

Konsumsi Avtur di April Melonjak 189 Persen, Kilang Pertamina Plaju Prediksi Peningkatan Serupa di Musim Haji

Aktivitas isi avtur maskapai di Bandara SMB II. Kilang Pertamina Plaju memprediksi ada peningkatan konsumsi avtur selama musim haji.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kilang Pertamina Plaju terus memastikan suplai Avtur (Bahan Bakar Aviasi) yang diperkirakan meningkat terpenuhi selama musim Musim Haji 1445 H.

Kilang Pertamina Plaju meningkatkan keandalan teknologi kilang yang merupakan unit produksi Avtur, Crude Distillate Unit (CDU), mencapai angka 20-25 Miles/Thousand Barrel (MB) perbulan. 

Hal itu dilakukan melalui pengaturan kontinuitas suplai crude injeksi dan full mode avtur sejak Juni 2023 lalu.

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju, Perliansyah mengatakan pihaknya akan mendukung penuh kesuksesan ibadah haji 2024 dengan optimalisasi produksi dan suplai Avtur.

BACA JUGA:Beroperasi Selama 131 Juta Jam Kerja Aman, Kilang Pertamina Plaju Kembali Raih Penghargaan Gold di WISCA

"Kilang Pertamina Plaju siap mendukung pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini," katanya.

Data yang terhimpun, permintaan Avtur di Kilang Pertamina Plaju pada bulan April 2024 yakni sebanyak 23,760 barrels.

Angka di April 2024 tersebut meningkat hingga 189 persen dari total permintaan produk Avtur pada bulan Maret 2024 yakni sebanyak 12,514 barrels. 

Untuk menjaga security of supply produk avtur, Kilang Pertamina Plaju RU III menargetkan produksi Avtur melampaui dari permintaan yang melonjak.

BACA JUGA:BNPT Apresiasi Upaya Kilang Pertamina Plaju Jaga Obyek Vital Nasional dari Ancaman Terorisme

Distribusi Avtur Kilang Pertamina Plaju bekerjasama dengan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel dengan dikirimkan langsung ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara SMB II.

Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Syafitri Irwan mengatakan, tahun ini embarkasi Palembang akan memberangkatkan 8.506 jemaah calon haji (JCH).

Rinciannya, 7.295 JCH asal Sumsel dan 1.116 JCH asal Bangka Belitung serta 95 petugas haji kloter. 

Mereka tergabung dalam 19 kloter, diberangkatkan pada gelombang pertama dan kedua. Adapun kelompok terbang (kloter) pertama haji telah diberangkatkan pada 12 Mei 2024 lalu.

Sumber: