Waduh! Bupati Mendominasi Deretan Pejabat Kena OTT 2023, Bagaimana di Sumsel?

Waduh! Bupati Mendominasi Deretan Pejabat Kena OTT 2023, Bagaimana di Sumsel?

Salah satu pejabat pemerintahan yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di sepanjang tahun 2023.--disway.id

Pengadilan Tipikor Ambon menjatuhkan vonis 6 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider tiga bulan kurungan kepada Tagop.

Ia dinilai terbukti terlibat dalam kasus gratifikasi dan TPPU terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Buru Selatan tahun 2011-2016.

KPK juga menyatakan telah menetapkan tersangka lain terduga pemberi suap baru dalam kasus dugaan korupsi eks Bupati Buru Selatan, Maluku, Tagop Sudarsono Soulissa tersebut.

Perkara ini merupakan pengembangan dari persidangan Pengadilan Tipikor Ambon. Dalam hal ini, suap diberikan terkait berbagai proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Jumbo Rp354 Miliar Terindikasi Proyek Fiktif PT Graha Telkom Sigma, Ada Hotel di Palembang

5. Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak

Setelah buron 7 bulan, tersangka kasus suap proyek pembangunan Mamberamo Tengah. Ricky Ham Pagawak alias RPH akhirnya dibekuk Polda Papua.

Bupati Mamberamo Tengah ini ditangkap di Abepura, Jayapura. Setelah menginap di Mako Brimob Papua, RPH diboyong ke Jakarta, pada Senin, 20 Februari 2023.

Ricky Ham Pagawak diduga menerima uang suap senilai Rp 24,5 miliar dari sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Mamberamo Tengah, Papua.

KPK menyatakan Ricky menerima uang suap dari tiga petinggi perusahaan yang menggarap proyek infrastruktur di wilayahnya. Ketiganya pun telah menjadi tersangka dan ditahan oleh KPK.

BACA JUGA: Mahfud Sikapi Sanggahan Transaksi Mencurigakan Rp300 Triliun Bukan Korupsi dan TPPU, Trus Namanya Apa

Yaitu Direktur Utama Bina Karya Raya, Simon Pampang, Direktur PT Bumi Abadi Perkasa, Jusieandra Pribadi Pampang, dan Direktur PT Solata Sukses Membangun, Marten Toding.

Mereka disebut menyerahkan uang kepada Ricky agar perusahaannya mendapat paket pekerjaan yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mamberamo Tengah.

Ricky adalah Bupati Mamberamo Tengah dua periode, 25 Maret 2013 hingga 25 Maret 2018. Dia terpilih kembali dan dilantik Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe pada 24 September 2018.

Ricky maju menjadi politikus di bawah payung Partai Demokrat. Kedudukannya di partai Pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY itu terbilang strategis, sebagai Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Sumber: diolah dari berbagai sumber