Waduh! Bupati Mendominasi Deretan Pejabat Kena OTT 2023, Bagaimana di Sumsel?

Waduh! Bupati Mendominasi Deretan Pejabat Kena OTT 2023, Bagaimana di Sumsel?

Salah satu pejabat pemerintahan yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di sepanjang tahun 2023.--disway.id

KPK menyita uang pecahan dolar AS, ringgit Malaysia, yen Jepang, dan baht Thailand dalam OTT kepada Yana Maulana. Tak hanya itu, KPK juga menyita sepatu merk Louis Vuitton.

BACA JUGA:KPK: Korupsi Bansos PKH 2020/2021 Ratusan Miliar, Terjadi Juga di Sumsel dan Seluruh Indonesia

2. Bupati Meranti, Muhammad Adil

Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil yini yang sempat viral setelah menyebut Kementerian Keuangan 'setan' dalam operasi tangkap tangan beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata menegaskan Muhammad Adil ditetapkan tersangka atas 3 kasus yakni dugaan korupsi pemotongan anggaran, gratifikasi jasa travel umrah.

Kemudian suap pemeriksa keuangan Kabupaten Kepulauan Meranti. Dari ketiganya, Alexander mengatakan Adil diduga telah menerima Rp 26,1 miliar.

BACA JUGA:KPK Lelang Barang Milik Terpidana Kasus Korupsi, Barang apa saja ?

3. Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat

Pada akhir Maret lalu, KPK juga menetapkan Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Ben Brahim S Bahat dan anggota DPR Fraksi NasDem, Ary Egahni Ben Bahat sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Keduanya diduga menerima suap dari sejumlah pihak terkait kedudukan mereka sebagai penyelenggara negara.

Ben sebenarnya bukan sosok baru di birokrasi. Jabatan sebagai Bupati Kapuas sudah selama 2 periode, terhitung sejak tahun 2013. Sebelumnya, Ben hanya pegawai negeri sipil di Kementerian Pekerjaan Umum.

KPK mengumumkan tengah mengusut kasus dugaan korupsi berkaitan dengan perbuatan meminta, menerima atau memotong pembayaran kepada pegawai negeri atau kas umum seolah-olah memiliki utang pada penyelenggara negara tersebut, padahal diketahui hal itu bukan utang.

BACA JUGA:Tokoh PBNU Disebut Ada Dalam Lingkaran Korupsi Rektor Unila, Dana Ngalir Untuk Lampung Nahdliyin Center

4. Bupati Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulissa

Tagop adalah Bupati Buru Selatan dua periode 2yakni 2011-2016 dan 2016-2021. Ia ditetapkan sebagai tersangka suap, gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). oleh KPK.

Sumber: diolah dari berbagai sumber