Tim Seni Sebiduk Sehaluan OKUT Memukau di Festival Sriwijaya

Tim Seni Sebiduk Sehaluan OKUT Memukau di Festival Sriwijaya

RADAR PALEMBANG - Penampilan tim kesenian Sebiduk Sehaluan (SS) Kabupaten OKU Timur berhasil tampil memukau, serta sukses menyedot perhatian tamu undangan dan para penonton dalam Festival Sriwijaya ke XXX, yang di laksanakan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Benteng Kuto Besak, Palembang, Minggu (3/7) malam.

 

Tim Kesenian SS OKU Timur dibawah binaan Ketua TP PKK dr Hj Sheila Noberta sukses menampilkan perpaduan seni tari, musik, peran dan vokal yang dikemas dalam satu pertunjukan teatrikal.

 

Menurut Kepala Disdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM, melalui Kabid Kebudayaan, Muhammad Ridwan SPd MM, naskah teatrikal Salipuk Jantung Pandan yang ditampilkan ini terinspiirasi dari cerita rakyat Desa Tanjung Kemuning, Kecamatan Belitang II.

 

Dimana, cerita ini membuktikan kuatnya tali persaudaraan antara Raden Alit dengan Dayang Bulan (adiknya Raden Alit) yang hilang secara gaib. Kemudian Raden Alit membuat kesepakatan denga ratu jin agar bisa membantu menemukan adiknya Dayang Bulan.

 

Namun perjanjian tersebut harus ditepati apabila Dayang Bulan sudah ditemukan, Raden Alit mau menikahi salah satu putri ratu jin. "Jadi diakhir cerita dari perjanjian tersebut, Radin Alit memilih putri yang bernama Salipuk Jantung Pandan. Bahkan keduanya akhirnya menikah," ujar Ridwan, Senin (4/7).

 

Dalam kesempatan itu, Ridwan mengucapkan banyak terimakasih kepada tim produksi dan seluruh tim Sanggar Seni Sebiduk Sehaluan atas kekompakan dan sumbangsihnya. Sehingga dalam penampilan di Festival Sriwijaya bisa berjalan serta terlaksana dengan baik dan spektakuler. Ia berharap, kedepan tim kesenian Sanggar Sebiduk Sehaluan bisa terus memberikan penampilan terbaiknya, dalam melestarikan adat istiadat dan budaya daerah OKU Timur.(awa)

 

Sumber: