Resmi! Bandara SMB II Turun Status, Tak Lagi Bandar Udara Internasional, Hanya Berlabel Domestik

Resmi! Bandara SMB II Turun Status, Tak Lagi Bandar Udara Internasional, Hanya Berlabel Domestik

Resmi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II di Palembang, Sumatera Selatan tak lagi berstatus internasional.--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Resmi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II di Palembang, Sumatera Selatan tak lagi berstatus internasional.

Kini, bandar udara yang berlokasi di Talang Betutu tersebut turun status menjadi bandara domestik.

Keputusan degradasinya status bandara SMB II berdasarkan Kementerian Perhubungan menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 31/2024 (KM 31/2004) tentang Penetapan Bandar Udara Internasional pada tanggal 2 April 2024 lalu. 

KM ini menetapkan 17 bandar udara di Indonesia yang berstatus sebagai bandara internasional, dari semula 34 bandara internasional.

BACA JUGA:Ada Loker di Bandara Bagi Lulusan D3, Cek di Sini Syaratnya?

Dalam 17 bandar udara yang dirilis berstatus bandara internasional, tak ada nama Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau SMB II.

Pemerintah melalui penetapan 17 bandara internasional terbaru 2 April 2024 lalu dengan tujuan mendorong sektor penerbangan nasional yang sempat terpuruk saat pandemi COVID-19. 

"KM 31/2004 ini dikeluarkan dengan tujuan untuk melindungi penerbangan internasional pasca pandemi dengan menjadikan bandara sebagai hub (pengumpan) internasional di negara sendiri," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Jumat 26 April 2024.

"Selama ini sebagian besar bandara internasional hanya melayani penerbangan internasional ke beberapa negara tertentu saja dan bukan merupakan penerbangan jarak jauh, sehingga hub internasional justru dinikmati oleh negara lain," jelas Adita.

BACA JUGA:Mau Daftar SMK Negeri di Sumsel? Ini Jadwal dan Tahapan PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Adapun 17 Bandara Internasional terbaru di Indonesia per 2 April 2024, versi Kementerian Perhubungan RI, sebagai berikut:

1. Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh

2. Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara

3. Bandara Minangkabau, Padang Pariaman, Sumatera Barat

Sumber: