Bukan Hanya Manfaat, 5 Rempah Ini Punya Efek Samping Berbahaya Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Manfaat, 5 Rempah Ini Punya Efek Samping Berbahaya Bagi Kesehatan

Selain punya banyak manfaat 5 rempah berikut ini juga memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh--

Kemudian kandungan Coumarin juga dapat menyatu dengan beberapa jenis obat, termasuk obat pengencer darah, dimana hal ini akan meningkatkan risiko perdarahan.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa coumarin memiliki potensi karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.

2. Bunga Lawang (Star Anise)


Bunga Lawang (Star Anise)--

Bunga lawang atau yang dikenal sebagai star anise merupakan rempah yang umum digunakan dalam berbagai masakan dan minuman.

Rempah ini memiliki aroma harum dan rasa yang manis. Namun, tidak semua bunga lawang sama, terdapat beberapa jenis tertentu dari bunga lawang yang mengandung senyawa kimia tertentu dan dapat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

BACA JUGA:10 Rempah Ini Bantu Kurangi Lemak Perut, Semua Gampang Dicari

Beberapa jenis bunga lawang terutama yang berasal dari pohon Illicium anisatum mengandung senyawa yang dikenal sebagai anisatin dan sesquiterpene lactones.

Anisatin sendiri merupakan senyawa yang dapat menjadi racun pada sistem saraf dan pencernaan.

Konsumsi berlebihan bunga lawang yang mengandung anisatin dapat menyebabkan keracunan. Gejala keracunan mungkin termasuk mual, muntah, sakit kepala, gangguan pencernaan, dan bahkan masalah pada sistem saraf.

Anisatin juga memiliki efek neurotoksik yang dapat memengaruhi sistem saraf dan menyebabkan gangguan neurologis.

Namun sebagian besar bunga lawang yang beredar di pasaran merupakan jenis yang aman dikonsumsi karena biasanya berasal dari pohon Illicium verum, yang dianggap aman dan tidak mengandung anisatin dalam jumlah yang besar.

3. Kapulaga Hitam


Kapulaga Hitam--

Kapulaga hitam  atau Amomum subulatum merupakan sejenis rempah yang biasa digunakan dalam berbagai masakan, terutama pada daerah Asia. Warna hitam pada kapulaga hitam berasal dari berbagai senyawa kimia.

Sumber: