Bukan Hanya Manfaat, 5 Rempah Ini Punya Efek Samping Berbahaya Bagi Kesehatan

Bukan Hanya Manfaat, 5 Rempah Ini Punya Efek Samping Berbahaya Bagi Kesehatan

Selain punya banyak manfaat 5 rempah berikut ini juga memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan tubuh--

Beberapa jenis kapulaga hitam mengandung senyawa bernama myristicin. Myristicin, pada tingkat yang tinggi dapat bersifat neurotoksik dan menyebabkan efek psikoaktif jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

BACA JUGA:7 Manfaat Cengkeh yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Jadi Rahasia Pengobatan Selama Berabad-abad

Beberapa kapulaga hitam juga mengandung elemicin, dimana elemicin ini sendiri merupakan senyawa yang sering ditemukan dalam minyak esensial rempah-rempah, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak  dapat memberikan efek samping neurotoksik dan psikoaktif.

4. Kemiri


Kemiri--

Kemiri atau Aleurites moluccanus merupajan jenis biji-bijian yang umumnya digunakan dalam masakan di beberapa wilayah Asia dan Pasifik. 

Kemiri mengandung senyawa yang dikenal sebagai asam hidrosianida atau asam prussic, yang merupakan senyawa sianida yaitu  senyawa yang dapat beracun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Sianida dapat menghambat transportasi oksigen di dalam tubuh yang akan menyebabkan gejala seperti pusing, mual, muntah, kesulitan bernapas, hingga kerusakan organ hingga kematian.

BACA JUGA:Mudah Ditemukan Sehari-hari, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Untuk mengurangi kandungan sianida dalam kemiri sebelum dikonsumsi maka dapat merendam kemiri tersebut di dalam air atau memanggangnya. Meskipun demikian, risikonya masih tetap ada jika kemiri dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar.

5. Biji Pala (Nutmeg)


Biji Pala (Nutmeg)--

Biji pala merupakan rempah yang dihasilkan dari buah pohon pala (Myristica fragrans), dimana Biji ini sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan dan minuman karena memiliki aroma dan rasa yang khas. 

Namun jika di konsumsi berlebihan biji pala dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Karena Biji pala sendiri mengandung senyawa myristicin. 

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, myristicin dapat menghasilkan senyawa mescaline yang memiliki efek halusinogenik.

Sumber: