5 Buah yang Jika Dikonsumsi Secara Rutin Dapat Membuat Kulit Sehat Bahkan Mencegah Penuaan Dini

5 Buah yang Jika Dikonsumsi Secara Rutin Dapat Membuat Kulit Sehat Bahkan Mencegah Penuaan Dini

Berikut 5 jenis buah yang apabila dikonsumsi secara rutin punya manfaat baik untuk kesehatan kulit dan dapat mengurangi resiko penuaan dini--

Eksfoliasi kulit dengan papain juga dapat membantu membersihkan pori-pori dan mencegah pembentukan komedo. 

Dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga pori-pori tetap bersih, papain membantu mengurangi risiko perkembangan jerawat.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 5 Buah-Buahan Perontok Batu Ginjal Aman Dikonsumsi, Tanpa Efek Samping

Tak hanya itu enzim Papain juga dapat membantu dalam pemutihan kulit dengan mengurangi produksi melanin yaitu pigmen yang memberikan warna pada kulit, dimana ini akan bermanfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi dan memberikan kulit warna yang lebih merata.

Sifat antiinflamasi papain akan mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit yang rentan terhadap iritasi atau peradangan.

Ekstrak pepaya sering digunakan dalam produk perawatan kulit, seperti masker wajah atau scrub, untuk memberikan manfaat eksfoliasi dan perawatan kulit.

5. Semangka


Semangka--

Semangka merupakan buah yang tinggi air dan mengandung likopen atau antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Air yang tinggi didalam semangka dapat menjaga kelembapan kulit yang mencegah kekeringan kulit dan memberikan hidrasi yang diperlukan agar kulit terlihat lebih segar dan bersinar.

BACA JUGA:10 Buah yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Coba Sekarang!

Kemudian juga mengandung Likopen atau sejenis pigmen yang memberikan warna merah pada semangka. 

Dimana likopen ini merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Antioksidan likopen dalam semangka memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. 

Dengan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, likopen dalam semangka dapat membantu mengurangi risiko penuaan dini seperti  kerutan, garis halus, dan bintik-bintik gelap yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Sumber: