5 Buah yang Jika Dikonsumsi Secara Rutin Dapat Membuat Kulit Sehat Bahkan Mencegah Penuaan Dini

5 Buah yang Jika Dikonsumsi Secara Rutin Dapat Membuat Kulit Sehat Bahkan Mencegah Penuaan Dini

Berikut 5 jenis buah yang apabila dikonsumsi secara rutin punya manfaat baik untuk kesehatan kulit dan dapat mengurangi resiko penuaan dini--

3. Blueberry


Blueberry--

Blueberry memang merupakan buah yang kaya akan antioksidan termasuk flavonoid, yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan meningkatkan elastisitas

Antioksidan pada buah ini termasuk flavonoid seperti quercetin, resveratrol, dan anthocyanin., dimana Flavonoid sendiri merupakan senyawa yang memberikan warna pada buah-buahan dan memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Kehadiran flavonoid dalam blueberry dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, termasuk garis halus, kerutan, dan hilangnya elastisitas. 

Flavonoid dan antioksidan lainnya dalam blueberry dapat mendukung produksi kolagen yang merupakan protein penting untuk memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. 

BACA JUGA:Sering ada Saat Sembahyang Tionghoa, Ini Arti dan Simbol Buah-buahan, Semangka Berarti Kemakmuran, Kesemek?

Anthocyanin merupakan salah satu jenis flavonoid dalam blueberry yang memiliki sifat mencerahkan kulit. 

Konsumsi blueberry sebagai bagian dari pola makan sehat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit dari dalam. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung dalam blueberry mendukung regenerasi dan perlindungan sel-sel kulit.

4. Pepaya


Pepaya--

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan kulit. 

Enzim papain merupakan sebuah enzim proteolitik yang dapat membantu dalam proses eksfoliasi kulit dan bekerja dengan memecah protein-protein yang ada di permukaan kulit, dimana enzim ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit lebih halus.

Dimana enzim proteolik ini akan membuka jalan bagi regenerasi sel-sel kulit baru yang memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan cerah.

Sumber: