Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Ternyata duduk terlalu lama memiliki dampak yang buruk dan berbahaya bagi kesehatan seseorang, hingga beresiko menyebakan penyakit kanker--

Kemudian Posisi duduk yang buruk juga dapat menyebabkan perubahan postur, seperti kifosis (punggung bungkuk ke depan) atau lordosis (punggung cekung ke belakang).

Kondis ini dapat mengubah kurva alami tulang belakang dan menyebabkan masalah postur yang lebih serius. Hal ini tidak hanya memengaruhi penampilan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan risiko cedera dan nyeri.

Maka dari itu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan kursi yang ergonomis, menjaga postur tubuh yang baik, dan melakukan istirahat singkat serta gerakan-gerakan peregangan selama aktivitas duduk. 

BACA JUGA:Mengenal Lemak Trans, Apa Bahayanya bagi Kesehatan?

2. Masalah Sirkulasi Darah

Duduk dalam waktu lama dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di bagian bokong dan kaki.

Tekanan ini dapat menghambat aliran darah ke daerah tersebut, mengurangi pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan-jaringan di kaki dan bokong.

Hambatan sirkulasi juga dapat menyebabkan kaki terasa mati rasa atau kesemutan. Meskipun kesemutan biasanya bersifat sementara, jika duduk terlalu lama terus-menerus, bisa meningkatkan risiko kerusakan saraf yang lebih serius.

Jika duduk terlalu lama dan kurang bergerak yang dapat menyebabkan penumpukan cairan di kaki dan pergelangan kaki.

Dimana akhirnya membuat pembengkakan pada kaki dan membuat ketidaknyamanan serta dapat menjadi gejala masalah sirkulasi yang lebih serius.

BACA JUGA:Bahaya! 10 Makanan yang Harus Dihindari Saat Tengah Malam, Berakibat Buruk Sebabkan Berbagai Penyakit

Posisi duduk yang lama juga dapat meningkatkan risiko pembentukan gumpalan darah (trombus) di pembuluh darah, yang dikenal sebagai trombosis vena dalam (DVT).

DVT sendiri merupakan kondisi serius yang dapat terjadi jika gumpalan darah terlepas dan mencapai paru-paru, dan akan menyebabkan emboli paru yang dapat menyebabkan kematian.

Maka dari itu agar hal-hal tersebut tidak terjadi ketika lama duduk usahakan berdiri atau bergerak setiap 30 menit, kemudian gunakanlah kursi yang mendukung postur tubuh yang baik.

3. Obesitas dan Penyakit Terkait

Sumber: