Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Ternyata duduk terlalu lama memiliki dampak yang buruk dan berbahaya bagi kesehatan seseorang, hingga beresiko menyebakan penyakit kanker--

Upayakan juga untuk tetap terhubung dengan orang lain, baik itu rekan kerja, teman, atau keluarga, untuk menghindari isolasi sosial.

5. Risiko Penyakit

Metabolisme seseorang akan terganggu jika selalu dalam posisi duduk yang lama, termasuk penurunan sensitivitas insulin. 

Hal ini berhubungan dengan peningkatan risiko resistensi insulin, peradangan, dan pertumbuhan sel yang tidak terkendali, faktor-faktor yang dapat berkontribusi pada perkembangan kanker usus.

Duduk terlalu lama juga dikaitkan dengan perubahan hormon dalam tubuh, terutama pada tingkat estrogen. 

Peningkatan kadar estrogen dapat menjadi faktor risiko dalam perkembangan kanker payudara dan beberapa jenis kanker lainnya.

BACA JUGA:Waspada! BPOM Rilis Daftar 12 Obat Tradisional dan Kosmetik Berbahaya, Cek di Sini

Kemudian juga akan menyebabkan penurunan aktivitas enzim lipoprotein lipase (LPL), yang berperan dalam penguraian lemak. Penurunan aktivitas LPL akan membuat risiko kanker usus.

Meskipun kaitan antara duduk terlalu lama dan risiko kanker telah ditemukan, penting untuk diingat bahwa faktor-faktor lain seperti genetika, riwayat kesehatan pribadi, dan faktor lingkungan juga dapat menyebabkan perkembangan kanker. 

Untuk mengatasi dampak negatif dari duduk terlalu lama, disarankan agar melakukan istirahat singkat, mengatur posisi duduk yang ergonomis, dan menjalani gaya hidup yang aktif dengan rutin berolahraga.

 

Sumber: