Berikut Jadwal Lengkap PPDB SD Negeri di Palembang, Usia 5 Tahun 6 Bulan Bisa Juga Daftar, Cek Link di Sini!

Berikut Jadwal Lengkap PPDB SD Negeri di Palembang, Usia 5 Tahun 6 Bulan Bisa Juga Daftar, Cek Link di Sini!

SDN 157 Palembang yang berlokasi di Jalan Letnan Simanjuntak Kelurahan Pahlawan menjadi salah satu sekolah pilihan di PPDB tahun 2024-2025 dengan kuota daya tampung 112 orang siswa.--dokumen/radarpalembang.com

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Cek berkas persyaratan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025, jenjang SD Negeri di Palembang. 

Dinas Pendidikan Kota Palembang akan membuka PPDB dengan tiga jalur seleksi masuk yaitu afirmasi, zona dan perpindahan orangtua. Sistem PPDB Secara online di website https://ppdb-palembang.go.id

Nah, bagi orang tua yang hendak memasukkan anaknya ke SD agar segera bersiap. Sebab di akhir Mei, PPDB tingkat SD dimulai pada tanggal 24 Mei nanti.

Untuk kuota sama seperti tahun sebelumnya, jalur zonasi 80 persen, afirmasi 15 persen dan perpindahan orangtua 5 persen. Salah satu syarat wajib masuk SD adalah usia yang cukup.

BACA JUGA:Sosialisasi PPDB SD Negeri di Palembang Tahun 2024-2025 Sudah Dimulai, Cek Jadwal Pendaftaran Online di Sini

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ansori mengatakan mengenai usia dalam PPDB untuk tingkat SD sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB.

"Dalam aturan tersebut disebutkan usia masuk SD minimal 6 sampai 7 tahun.

Namun Kemendikbudristek mengizinkan siswa mendaftar SD usia paling rendah bisa 5 tahun 6 bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, bagi calon peserta didik dengan persyaratan khusus," kata Ansori

Persyaratan khusus tersebut, sambungnya ialah memiliki kecerdasan dan atau bakat istimewa. Termasuk memiliki kesiapan psikis.

BACA JUGA:PPDB SMP Tahun 2024/2025 Buka Tiga Jalur Penerimaan Siswa Baru, Kapan Jadwalnya?Pantau Terus Link di Akhir Mei

"Jadi jika calon siswa atau calon peserta didik yang memiliki kecerdasan dan atau bakat istimewa dan kesiapan psikis, harus dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.

Kemudian yang menentukan masuk atau tidak usia 5 tahun 6 bulan ini ialah dengan rapat para guru di sekolah tersebut," ungkapnya.

Menurut Ansori, PPDB SD diutamakan untuk anak usia 6 sampai 7 tahun.

Anak yang memiliki usia 5 tahun 6 bulan bisa mendaftar namun tidak jadi yang utama.

Sumber: