Rutin Konsumsi Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Apa Iya?

Rutin Konsumsi Tomat Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma, Apa Iya?

Buah tomat--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Infertilitas umumnya dianggap sebagai masalah pada perempuan, padahal faktanya pria juga bisa mengalami masalah tersebut.

Infertilitas pria dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti produksi sperma yang tidak normal, cacat genetik, testis tidak turun (kriptorkismus), atau masalah kesehatan tertentu seperti gonore, klamidia, atau HIV.

Dalam beberapa kasus, penyebab buruknya jumlah dan kualitas sperma sulit dapat ditentukan secara pasti.

Sebuah penelitian yang dilakukan Jeremy T Choy dari University of Washington School of Medicine yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism tahun 2020.

BACA JUGA:7 Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan, Turunkan Risiko Kanker, Simak Yuk Manfaat Lainnya di Sini!

Ini menyatakan bahwa rendahnya jumlah sperma (oligozoospermia) terjadi ketika konsentrasi sperma berada di bawah batas acuan terendah, yaitu 15 juta sperma/mL ejakulasi.

Baru-baru ini, ilmuwan membuktikan bahwa konsumsi tomat secara rutin memiliki manfaat dalam meningkatkan kesuburan pria.

Sebab, salah satu zat yang terkandung di dalamnya, yaitu likopen membawa dampak yang baik terhadap kualitas dan kuantitas sperma. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA:10 Buah yang Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Coba Sekarang!

1. Kandungan nutrisi dalam buah tomat

Tomat (Solanum lycopersicum L.) memainkan peran penting dalam nutrisi karena manfaat kesehatan yang sudah terbukti.

Tomat digunakan dalam banyak produk makanan olahan seperti saus, salad, sup, dan pasta.

Nutrisi tomat yang dilaporkan dalam Arabian Journal of Chemistry tahun 2016, di antaranya seperti vitamin, mineral, serat, protein, asam amino esensial, asam lemak tak jenuh tunggal, karotenoid, dan fitosterol.

Nutrisi ini menjalankan berbagai fungsi tubuh termasuk pencegahan sembelit, penurunan tekanan darah tinggi, stimulasi sirkulasi darah, pemeliharaan profil lipid dan cairan tubuh, detoksifikasi racun tubuh dan menjaga struktur serta kekuatan tulang.

Sumber: