Pendapatan Naik Signifikan, Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas

Pendapatan Naik Signifikan, Tokopedia Perkuat GOTO di Jalur Percepatan Profitabilitas

Tokopedia, salah satu bisnis e-commerce yang pendapatannya naik signifikan pada kuartal 1 2023. --dokumen radarpalembang.disway.id

 BACA JUGA:#BangkitBersama dari Pandemi, Gojek dan 90 Ribu Mitra Drivernya Peringati Kemerdekaan Republik Indonesia

”Dengan tercapainya margin kontribusi positif keseluruhan Grup pada kuartal ini, Perseroan berada pada titik penting di tengah upaya mendorong profitabilitas seluruh unit bisnis.

Hal ini didukung oleh peningkatan pertumbuhan pendapatan serta rasionalisasi insentif secara konsisten,” tambah Direktur Keuangan Grup GoTo, Jacky Lo.

Sementara itu, analis BCA Sekuritas, Fahkrul Arifin, menilai tercapainya margin kontribusi positif seiring dengan kenaikan kinerja termasuk di Tokopedia merupakan hal yang fundamental bagi perkembangan bisnis GOTO.

Terutama dalam menuju positifnya EBITDA Disesuaikan (Adjusted EBITDA) yang ditargetkan terealisasi pada akhir 2023.

 BACA JUGA:Tokopedia Sediakan Layanan Asuransi Pengiriman, Hindari Kerugian Penjual dan Beri Rasa Aman Pembeli

”GoTo secara konsisten meminimalisir biaya bakar uang dan mendorong peningkatan monetisasi melalui adjustment tarif, serta meluncurkan produk baru dengan margin yang lebih tinggi.

Kinerja kuartal I ini menjadi pijakan yang baik dan momentum turn-around bagi GOTO dalam mempercepat profitabilitas,” ungkap Fahkrul kepada media.

Terlebih kenaikan kinerja Tokopedia khususnya dan grup GOTO secara umum ini terjadi di awal tahun dimana sering kali konsumsi dan belanja masih berjalan lambat sebagaimana tercermin dari moderatnya angka GTV di bisnis e-commerce.

Hal ini membuktikan bahwa Tokopedia dan GOTO ditopang oleh besarnya pelanggan setia.

 BACA JUGA:Ingin Percantik Rumah Biar Lebih Nyaman, Sudah Pasti Tokopedia Solusinya

”Ada euforia luar biasa dan mendorong masyarakat untuk menunda konsumsi demi ritual tahunan pulang ke kampung halaman, sehingga ikut mempengaruhi perlambatan GTV.

Hari raya Idul Fitri serta pencairan THR masuk di kuartal II, jadi faktor seasonal juga memainkan peran di sini,” terangnya.

Sedangkan analis BRI Danareksa Sekuritas, Niko Margaronis, dalam risetnya tentang kinerja GOTO Kuartal-I 2023 berjudul “Peningkatan Menuju Profitabilitas yang Melebihi Ekspektasi”.

Ia meyakini strategi efektif yang dilakukan GOTO, sebuah transisi yang menempatkan layanan on-demand (Gojek) dan e-commerce (Tokopedia) di posisi yang lebih baik. Hal ini tercermin pada kinerja tiga bulan awal tahun ini.

Sumber: