Luar Biasa, Pabrik Baterai Listrik Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Hadir di Karawang

Luar Biasa, Pabrik Baterai Listrik Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Resmi Hadir di Karawang

Pabrik baterai listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berada di Karawang telah diresmikan--

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Pabrik baterai listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berada di Karawang telah diresmikan.

Pabrik sel baterai yang digadang-gadang memiliki fasilitas terbesar dan pertama di Asia Tenggara ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowidodo pada Rabu, 3 Juli 2024.

Butuh waktu 3 tahun untuk pabrik yang nantinya bakal menyuplai kebutuhan baterai kendaraan listrik di Indonesia ini untuk dapat beroprasi sejak peletakan batu pertama pada September 2021 lalu.

Hadir mendampingi Presiden Jokowidodo saat peresmian pabrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

BACA JUGA:Solusi Mudah Mobil Kembali Kinclong setelah Jalan Liburan, Biar Gak Nyesel Kepanjangan

Sementara dari pihak Korea Selatan dihadiri Menteri Perdagangan Republik Korea, Inkyo Cheong. Kemudian perwakilan dari Hyundai diwakili Executive Chair Hyundai Motor Group, Euisun Chung.

Setibanya di lokasi pabrik, Presiden Jokowi berkeliling pabrik HLI Green Power. Kemudian menandatangani kap mobil Kona Electric yang pertama kali menggunakan baterai buatan lokal.

"Dengan mengucap bismillahirohmannirrahim. Pada hari ini saya resmikan pabrik dan ekosistem, serta baterai kendaraan listrik di Indonesia," kata Jokowi saat peresmian Rabu, 3 Juli 2024.

Jokowi pun optimistis nantinya pabrik baterai terbesar dan pertama di Asia Tenggara akan membuat Indonesia makin berjaya untuk bersaing dalam pertarungan industri kendaraan listrik.

"Kita memiliki sumber daya alam melimpah tapi berpuluh tahun hanya diekspor raw material tidak memiliki nilai tambah.

BACA JUGA:Ini Alasan Toyota Yaris Cross Unggul soal Sensasi Kenyamanan dan Irit Bahan Bakar, Yuk Kenali Lebih Dekat

Sekarang dengan dibangunnya smelter dan dibangunnya pabrik sel baterai kendaraan listrik kita akan menjadi pemain global yang penting dalam global supply chain untuk kendaraan listrik," ujar Jokowi.

"Satu ini sudah dimulai dan ini merupakan pabrik sel bateral EV yang pertama dan yang terbesar di Asia Tenggara."

"Dan saya yakin kompetisi kita dan negara lain akan bisa kita menangkan karena tambangnya ada di sini, nikelnya ada di ini, bauksitnya ada di sini, tembaganya juga, ada smelter, masuk ke catod dan prekusor, masuk ke EV baterai, pabrik mobilnya ada di sini. Terintegrasi dalam sebuah sistem

Sumber: