Kesepakatan Nasdem dan Demokrat Pada Pertemuan Surya Paloh dan AHY, Komitmen Kerucutkan Kaolisi Perubahan

Kesepakatan Nasdem dan Demokrat Pada Pertemuan Surya Paloh dan AHY, Komitmen Kerucutkan Kaolisi Perubahan

Ketua Umum Surya Paloh saat tiba di Kantor DPP Partai Demokrat untuk melakukan pertemuan politik dengan AHY soal upaya mengerucutkan koalisi perubahan ----fin

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM – Ketua NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) menggelar pertemuan guna mematangkan pembentukan koalisi perubahan.  

Menurut Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, Surya dan AHY atas nama partai masing-masing akan membicarakan sejumlah isu. 

Beberapa isu yang menjadi topik pembicaraan adalah,  upaya perubahan sistem pemilu lewat Mahkamah Konstitusi (MK) dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup. 

‘’Tidak luput juga akan dibahas dalam pertemuan politik Bang Surya dan Ketum AHY adalah mengenai isu upaya penundaan pemilu. Tentu juga mereka akan bicara mengenai agenda perubahan yang akan dilakukan dimasa dating,’’ujar Herzaky. 

BACA JUGA:Respon PKS Demokrat dan Nasdem Soal PDIP Ogah Bergabung Dengan Koalisi Perubahan, Kami Tak Ambil Pusing

Tidak kalah pentingnya pada pertemuan politik itu juga membicarakan tentang komitmen dan upaya mengerucutkan pembentukan koalisi perubahan.  

Tiga partai yaitu NasDem, Demokrat dan PKS sudah sepakat  mendukung Anies Baswedan sebagai Capres pada Pilpres 2024.  Wadah tiga partai itu adalah koalisi perubahan. 

Menurut Herzaky , pembicaraan mengenai koalisi perubahan tentu tentang pematangan realisasi pembentukan koalisi perubahan. ‘’Pembentukan koalisi perubahan sudah semakin mengerucut,’’ujarnya.

BACA JUGA: Respon Nasdem Partai Umat Ikut Dukung Anies Baswedan Capres 2024, Gus Choi: Politik Identitas Tak Salah

Kesepakatan Surya dan AHY adalah tentang percepatan realisasi kerjasama tiga partai secara resmi. Hal itu akan ditandai dengan pembentukan sekretariat bersama  koalisi perubahan. 

Surya dan AHY juga akan menyepakati persiapan penandatanganan Memorandum of Uderstanding (MoU) diantara anggota koalisi perubahan. 

‘’Kedua tokoh juga akan membicarakan dan menyepakati  agenda dan waktu yang dianggap tepat untuk deklrasi bersama koalisi perubahan sekaligus deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres pada Pilpres 2024,’’ujar Herzaky. 

BACA JUGA:Dilema, Sikap NasDem Menjelang Reshuffle Kabinet 2023, Tetap di Pemerintahan atau Batalkan Pencapresan Anies

Pertemuan politik antara Surya Paloh dan AHY setidaknya bisa melunturkan anggapan sejumlah pihak tentang kondisi koalisi perubahan yang masih rapuh. 

Sumber: