10 Cara Agar Tak Didatangi Debt Collector saat Nunggak Cicilan Mobil atau Motor

10 Cara Agar Tak Didatangi Debt Collector saat Nunggak Cicilan Mobil atau Motor

10 Cara Agar Tak Didatangi Debt Collector saat Nunggak Cicilan Mobil atau Motor--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Seringkali kita melihat beberpa kasus pengambilan secara paksa kendaraan yang menunggak cicilan oleh debt collector di lapangan.

Lantas benarkah cara tersebut? ataukah memang sudah seperti itu mekanisme yang diterapkan oleh perusahaan pembiayan saat ini.

Banyak penilaian salah tentang peran debt collector dalam bisnis pembiayaan selama ini. Sering kali kita berfikir kalau debt collector akan segera melakukan penagihan secara paksa apa bia ada penunggakan cicilan kredit.

Ternyata hal tersebut merupakan anggapan yang keliru dan salah menurut Astra Financial.

BACA JUGA:5 Fungsi Setir Selain Kemudi yang Banyak Orang Tidak Tau

Group Function Committee Leader Communication & ESG Astra Financial, Yulian Warman menjelaskan, pilihan untuk menugasan debt collector menemu lalngsung nasabah yang menunggak cicilan adalah langkah terakhir yang diambil oleh perusahaan pembiayaan.

Perusaahan pembiayan sebelumnya, selalu melakukan beberapa pendekatan terlebidahulu kepada nasbah yang menunggak cicilan.

"Kita ambil contoh cicilan kendaraan. Jadi, kita baru bertindak (mengirim debt collector ke rumah) kalau nasabah mendadak hilang, dihubungin berkali-kali nggak diangkat.

Jadi yang begitu-gitu," ujar Yulian Warman, Kamis, 3 Agustus 2023.

BACA JUGA:Deretan Motor Bekas dengan Harga Rp 2 Jutaan, Cocok Buat yang Punya Budget Minim

Yulian menyarankan, agar nasabah yang menunggak cicilan tak didatangi debt collector, maka sebaiknya melakukan komunikasi dengan perusahaan pembiayaan.

Nasabah bisa menjelaskan alasan tak bisa membayar cicilan tepat waktu. Dia memastikan, pihak perusahaan pembiayan akan memberikan keringanan dan toleransi

"Kalau seandainya tak punya dana untuk bayar, dia (nasabah) harus komunikasi. Kan bisa saja dia baru dapat masalah, kayak rumah atau kendaraannya terbakar. Company juga ada toleransi kok," ungkapnya.

Menurut Yulian komunikasi merupakan hal penting yang harus dijaga antara nasabah dan perusahaan. Sebeb komunikasi yang baik akan menghindarkan kesalah pahaman.

Sumber: berbagai sumber