Kehadiran Prajurit TNI Kodim 0405 Lahat Berjibaku Bantu Korban Banjir Bandang, Warga Merasa Terlindungi

Kehadiran Prajurit TNI Kodim 0405 Lahat Berjibaku Bantu Korban Banjir Bandang, Warga Merasa Terlindungi

Prajurit TNK Kodim 0405 Lahat saat mengevakuasi warga yang sakit saat banjir bandang melanda sejumlah desa di Kabupaten Lahat.-parman/radar palembang.-

LAHAT, RADARPALEMBANG.COM - Kesigapan aparat TNI Kodim 0405 Lahat dalam membantu dan mengevakuasi korban banjir Bandang Kamis (9/3) membuat masyarakat merasa nyaman dan terlindungi. 

Tidak hanya, membantu mengamankan barang dan manusia, TNI Kodim 0405 Lahat juga terlihat tak kenal lelah dan bahu membahu bersama warga membersihkan areal jalan yang tergenang agar dapat dilalui masyarakat.

Samsiar (56) salah satu korban Banjir Bandang mengatakan, kehadiran TNI Kodim 0405 Lahat benar - benar membuat masyarakat semakin nyama. 

BACA JUGA:Jumlah Korban Jiwa Banjir Bandang Bertambah, Warga Merapi Lahat Hilang Terserat Arus Sungai Lematang

BACA JUGA:Banjir Bandang Melanda Muara Enim dan Lahat, 3.000 Jiwa Terdampak, Ratusan Rumah Puluhan Hektar Sawah Terendam

Prajurit TNI tak hanya membantu dari segi fisik melainkan juga sosial. Mereka membersihkan jalan yang tergenang lumpur dan memotong batang kayu rindang yang melintang. Itu membuat warga  tidak terhalangi untuk beraktivitas.

"Kami sangat senang dan bahagia adanya bantuan dari TNI Kodim 0405 Lahat. Sejak pagi mereka tak kenal lelah bahu membahu bersama rakyat melakukan apa yang bias dilakukan. Mulai dari pekerjaan ringan sampai yang mempertaruhkan nyawa mereka lakukan,"ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0405/Lahat Letkol Toni Oki Priyono, SIP, melalui Pasi Intel Lettu Inf Hendro Purnomo menuturkan, untuk membantu mengatasi bencana banjir dan tanah longsor, menerjukan personel Babinsa sekitar 200 orang.

BACA JUGA:Kolaborasi Pusri Bersama Relawan Bakti BUMN Palembang Jadikan Pulau Kemaro SESERA

BACA JUGA:Perkembangan Banjir Bandang di Jarai Lahat, Warga Histeris, Debit Air Sungai Lematang Sentuh Bibir Jembatan

Tak hanya itu Kodim 0405/Lahat juga menambah bantuan dari kesatuan Yonif 141/Muara Enim dengan kekuatan 2 Satuan setingkat pleton.

‘’Mereka saat ini sudah berada dilokasi bencana untuk membantu masyarakat yang kena dampak bencana. Selanjutnyapara personel juga di bekali dengan perlengkapan untuk mengevakuasi dan membangun 4 tenda untuk para pengungsi,’’ujarnya.

Dijelaskannya, untuk petugas dari Koramil 12 kota juga telah menyiap kan Posko, yang mana warga bisa melakukan pengecekan kesehatan. 

BACA JUGA:Instruksi Gubernur Sumsel Herman Deru Kepada Bupati Lahat, Pastikan 3000 Jiwa Terdampak Banjir Dapat Bantuan

Sumber: