Instruksi Gubernur Sumsel Herman Deru Kepada Bupati Lahat, Pastikan 3000 Jiwa Terdampak Banjir Dapat Bantuan

Instruksi Gubernur Sumsel Herman Deru Kepada Bupati Lahat, Pastikan 3000 Jiwa Terdampak Banjir Dapat Bantuan

Gubenur Sumsel Herman Deru didampingi Bupati Lahat Cik Ujang, saat meninjau korban banjir dan desa-desa di Kabupaten Lahat yang porakporanda diterang banjir bandang. ---- sumeks.co

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM – Gubernur Sumsel H Herman Deru menginstruksikan kepada Bupati Lahat Cik Ujang agar mamastikan 3.000 jiwa yang terdampak akibat terjangan banjir bandang yang terjadi pada Kamis, 9 Maret 2023. 

Herman Deru menyampaikan instruksi itu, saat meninjau masyarakat di desa menjadi korban banjir bandang pada Kamis, 9 Maret  2023. Bupati Lahat Cik Ujang mendampingi langsung gubernur saat melakukan peninjauan.  

Banjir Bandang yang memporakporandakan 3 desa di Kabupatan Lahat  menimbulkan banyak kerugian materil bagi para korban. Meskipun 1 orang korban jiwa namun,  dampaknya  luar biasa terhadap 3.000 jiwa warga dari 3 desa itu. 

BACA JUGA:Banjir Bandang Melanda Muara Enim dan Lahat, 3.000 Jiwa Terdampak, Ratusan Rumah Puluhan Hektar Sawah Terendam

Rumah dan harta benda mereka terendam. Tidak hanya itu, kebun dan sawah mereka rusak berat diterjang banjir.  

Lantaran besarnya dampak  kerugian materil yang dialami warga, Gubernur menginstruksikan Bupati Lahat untuk menginventaris warga yang terdampak banjir bandang itu. 

Untuk beberapa hari kedepan, pasti warga akan mengalami  kekurangan makanan dan minuman. Meskipun air sudah surut tetapi warga yang rumahnya terendam  hingga 1,5 meter tidak bisa memanfaatkan rumah mereka secara maksimal. 

Bahan makanan yang tersedia sebelumnya tentu sudah rusak karena terendam. Rumah yang baru saat terendam tidak bisa dimanfaatkan untuk memasak. 

BACA JUGA:Banjir Lahat, Warga Desa Curup PALI Siaga

‘’Saya telah menginstruksi bupati agar segera melakukan inventarisir terhadap korban terdampak. Segera berikan bantuan makanan dan minuman serta obar-obatan kepada warga,’’ujar Herman Deru. Desa Lubuk Sepang , Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat.

Tidak hanya itu, Gubernur  juga meminta agar Bupati Lahat untuk menginventaris infrastruktur, sarana dan prasana yang rusak akibat terjangan banjir bandang itu. 

"Saya instruksikan segera inventarisir seluruh insfrastruktur dan yang dibutuhkan masyarakat," ungkap Deru saat meninjau lokasi banjir, menukil dari sumeks.disway.id 

BACA JUGA:Perkembangan Banjir Bandang di Jarai Lahat, Warga Histeris, Debit Air Sungai Lematang Sentuh Bibir Jembatan

Herman Deru meminta Pemkab Lahat segera mengirimkan data hasil invetarisasi  kepadanya agar pihak Pemprov  dapat segera mengirimkan bantuan yang dibutuhkan  oleh masyarakat. 

Sumber: