Ini 4 Instrumen dan Strategi Pemerintah Untuk Ekonomi Makin Baik, Kolaborasi Fiskal, Moneter, Sektor Keuangan

Ini 4 Instrumen dan Strategi Pemerintah Untuk Ekonomi Makin Baik, Kolaborasi Fiskal, Moneter, Sektor Keuangan

Menteri keungan Sri Mulyani Idrawati, saat memparkan kondisi dan tantangan global serta strategi dan instrument pemerintah dalam menangkisnya untuk ekonomi lebih baik di Lemhanas. ---- kemenkeu

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  membeberkan 4 strategi dan instrumen untuk menciptakan ekonomi Indonesia makin baik dan tangkis tantangan global pada tahun 2023. 

4 strategi dan instrumen pemerintah dalam menangkis tangkis tantangan global disampai Menkeu Sri Mulyani Idrawati saat menjadi pembicara pada rapat Lemhanas. 

Dia memaparkan bentuk-bentuk tantangan global yang harus ditangkis dan dicarikan jalan keluar agar ekonomi Indonesia makin baik. 

BACA JUGA:3 Hektar Lahan Gambut di OKI Terbakar, BPPD dan Polisi Bakal Usut Pelakunya

Menurutnya, indonesia mampu untuk menangani pandemi Covid-19. Ketahanan masyarakat dilakukan dengan cara vaksinasi dan imunitas alami.

Pemerintah terus fokus melakukan pemulihan ekonomi agar makin baik.  Saat bersamaan terjadi isu geopolitik sehingga komplikasi dan kerumitan dari pemulihan ekonomi pasca Covid-19 semakin parah. 

Geopolitik menyasar militer dan diperparah dengan disrupsi logistik. Sanksi ekonomi terhadap negara yang berkonflik membuat harga-harga komoditas menjadi naik, seperti gandum dan CPO (Crude Palm Oil). 

BACA JUGA:Soal Pembentukan Sekretariat Bersama Anies Demokrat Sumsel Tunggu Instruksi DPP

Tantangan global lainnya adalah mengenai  teknologi. Transformasi di bidang teknologi telah memengaruhi gaya hidup masyarakat dari berbagai aspek kehidupan. 

Dalam dunia usaha, transformasi teknologi telah mengubah cara dan pola kerja dalam produksi marketing, dan konsumsi. 

Begitu juga, perubahan iklim yang juga menjadi tantangan global. Perubahan iklim akan meberikan yang signifikan terhadap  pertanian dan ketahanan pangan.

BACA JUGA:32 Petugas Kloter Haji Asal Sumsel Dinyatakan Lulus Tahap 2, Cek Informasinya di Sini

‘’Perubahan iklim juga akan memengaruhi desain infrastruktur dan terjadinya urbanisasi. Semua itu akan membutuhkan biaya dalam mengatasinya,’’ujar Sri Mulyani, mengutip dari siaran pers Kemekeu, Kamis, 1 Januari 2023. 

Menjawab berbagai tantangan pemerintah telah merumuskan strategi dalam 4 instrumen yaitu Instrumen Fiskal, instrumen Moneter, instrumen institutional building  dan instrumen sektor keuangan. 

Sumber: