Selain Enak Diseruput Pagi Hari, Kopi Ternyata Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Rambut Dan Kulit

Selain Enak Diseruput Pagi Hari, Kopi Ternyata Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Rambut Dan Kulit

Kopi Ternyata Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Rambut Dan Kulit--

BACA JUGA:Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Minum Kopi, Ibu Hamil Juga Wajib Tau

Dimana kandungan antioksidan ini bekerja dengan melawan radikal bebas atau molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan. 

Radikal bebas sendiri biasanya dapat muncul akibat dari paparan sinar UV, polusi, atau faktor lingkungan lainnya.

Beberapa senyawa antioksidan dalam kopi memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kulit seperti pembengkakan dan kemerahan.

Kendungan Kafein yang juga memiliki sifat antioksidan akan merangsang peredaran darah yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dengan meningkatkan drainase limfatik yang membuat kulit tampek lebih segar dan sehat.

Antioksidan ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit seperti kerutan dan garis-garis halus. 

Penggunaan kopi pada kulit dapat ditemukan pada produk perawatan yang mengandung ekstrak kopi atau membuat masker alami dengan menggunakan bubuk kopi. 

BACA JUGA:7 Manfaat Ampas Kopi untuk Wajah Ternyata Bisa Sedahsyat Ini, Simak Yuk!

- Mengurangi Selulit

Kafein dalam kopi memiliki sifat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, beberapa penelitian juga mengatakan bahwa kafein dapat mengurangi tampilan selulit pada kulit. 

Kafein sendiri merupakan vasodilator yaitu zat yang memperluas pembuluh darah, pada saat kafein digunakan pada kulit atau dikonsumsi akan meningkatkan sirkulasi darah di area tertentu.

 Peningkatan sirkulasi ini memberikan lebih banyak nutrisi dan oksigen pada sel-sel kulit, serta mengangkat zat-zat sisa yang berkontribusi pada pembentukan selulit.

Kandungan Kafein pada kopi juga akan merangsang sistem limfatik yang bertanggung jawab untuk menghilangkan zat-zat sisa dari jaringan, dimana sistem limfatik akan mengurangi retensi cairan dan meminimalkan tampilan selulit yang sering terkait dengan pembengkakan.

Tak hanya itu kafein juga memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine dan membantu menghilangkan kelebihan cairan dari jaringan tubuh, dimana efek diuretik ini akan mengurangi pembengkakan dan memberikan tampilan yang lebih rata pada kulit.

BACA JUGA:Pusri Gelar Pelatihan Meracik Kopi Bagi Masyarakat Pulau Kemarau

Sumber: