Kisah Unik Jatuhnya 3 Raksasa Teknologi Dunia, Nokia, BlackBerry dan Yahoo Sempat Jadi Penguasa Pada Masanya

Kisah Unik Jatuhnya 3 Raksasa Teknologi Dunia,  Nokia, BlackBerry dan Yahoo Sempat Jadi Penguasa Pada Masanya

Ini dia kisah unik jatuhnya 3 perusahaan raksasa teknologi dunia yaitu Nokia, BlackBerry, dan Yahoo, yang pernah menjadi penguasa masanya--

BlackBerry yang dulunya disukai karena keyboardnya yang unik dan Messengernya yang digunakan jutaan orang merasa selalu punya penggemar pengguna setia yang akan selalu membeli produk mereka.

Terlepas dari kepercayaan dan idealisme BlackBerry mengenai Desain telepon genggam, hp ini  dinilai gagal menyadari bahwa smartphone akan terus berkembang jauh lebih dari sekadar perangkat komunikasi.

Dimana smartphone saat ini menjadi pusat hiburan seluler serbada karena ponsel bukan hanya untuk urusan bertukar pesan tetapi dapat mewujudkan banyak hal bisa dengan satu alat, mulai dari main game, aplikasi penunjang produktivitas, sosial media, investasi, dan hiburan.

BACA JUGA:Telkomsel Hadirkan Teknologi VR Tourism di KTT AIS Forum 2023, Apa Itu?

Pada saat BlackBerry terkesan terfokus pada BBM, para developer Messenger seperti WhatsApp, LINE dan telegram terus berinovasi menciptakan fitur yang lebih menarik seperti voice call, video call, stiker, VoiceNote hingga transfer file berukuran besar di Messenger.

Akibatnya pada tahun 2013 whatsapp sudah mencuri market BBM dengan menjangkau 300 juta pengguna, sementara bbm hanya dapat puas dengan 80 juta pengguna di seluruh dunia yang terus menurun seiring dengan meningkatnya popularitas WhatsApp.

Angka pendapatan BlackBerry sudah tidak pernah tumbuh lagi dan cenderung turun terus sejak tahun 2013 ketika gagal bersaing dengan Apple dan Android. Pada akhirnya  layanan BBM resmi ditutup pada tanggal 31 Mei 2019.

3. Yahoo 


Yahoo--

Yahudi pada zamannya sempat menjadi penguasa teknologi terutama di bidang search engine, Jauh sebelum munculnya Google, Bing dan lainnya Yahoo menjadi website pertama yang dikunjungi oleh pengguna internet.

Dimana pengguna menggunakannya untuk  membuka email, baca berita hingga chatting sepuasnya via Yahoo Messenger.

BACA JUGA:Kemkominfo, Smartfren dan Lynk Uji Coba Teknologi Satelit untuk Sinyal Wilayah Terluar Indonesia

Jika Nokia dan BlackBerry  gagal karena terjebak zona nyaman dan terlambat beradaptasi serta berinovasi, Yahoo justru gagal karena terlalu banyak berinovasi yang membuatnya tidak pernah fokus dengan layanan yang mereka punya.

Hingga pada akhirnya Yahoo kehilangan identitas saking banyaknya layanan yang di miliki, Yahoo menjadi sulit untuk menentukan fokus utama dari Yahoo itu sendiri.

Flickr salah satu layanan media sosial milik Yahoo pada saat itu gagal dikembangkan dan kalah langkah dengan Facebook yang baru muncul pada saat itu.

Sumber: