Bukan Hanya Bumbu Masakan, Kapulaga Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh, Menjaga Kesehatan Jantung dan Diabetes

Bukan Hanya Bumbu Masakan, Kapulaga Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh, Menjaga Kesehatan Jantung dan Diabetes

Kapulaga merupakan rempah atau bumbu yang biasa digunakan dalam masakan ternyata memiliki banyak manfaat untuk untuk tubuh--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Kapulaga merupakan rempah atau bumbu yang biasa digunakan dalam masakan ternyata memiliki banyak manfaat untuk untuk tubuh.

Kapulaga merupakan rempah yang banyak digunakan dalam berbagai masakan, terutama negara bagian Asia dan Timur Tengah. 

Kapulaga memiliki aroma harum dan rasa yang khas, dan selain digunakan sebagai bumbu masakan, kapulaga juga terkenal karena sejumlah manfaat kesehatan yang dapat diberikan.

Berikut adalah beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh:

BACA JUGA:Wow! 8 Rempah Ini Memiliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan Rambut, Mudah dan Dapat Langsung Digunakan

1. Peningkatan Pencernaan

Kapulaga telah lama digunakan sebagai penambah rasa dan senyawa dalam kapulaga dapat merangsang produksi enzim pencernaan, memperlancar pergerakan usus, dan mengurangi rasa kembung.

Rempah ini juga mengandung senyawa bioaktif seperti minyak atsiri, terpena, dan flavonoid yang dapat merangsang produksi enzim pencernaan di dalam lambung, termasuk enzim amilase, lipase, dan protease. 

Enzim-enzim tersebut membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga dapat diserap dengan lebih efisien oleh tubuh.

Kapulaga juga memiliki sifat karminatif yang bermanfaat untuk mengurangi pembentukan dan mengeluarkan gas dari saluran pencernaan serta meredakan rasa kembung dan ketidaknyamanan karena gangguan pencernaan.

BACA JUGA:10 Rempah Ini Bantu Kurangi Lemak Perut, Semua Gampang Dicari

Kapulaga juga akan memperlancar pergerakan usus atau memberikan efek pencahar ringan yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. 

2. Antiinflamasi dan Antioksidan

Kapulaga mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan seperti cineole dan limonene yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

Sumber: