Lebaran Usai Penyakit Mengintai, Tetap Waspada Ini Cara Antisipasinya

Lebaran Usai Penyakit Mengintai, Tetap Waspada Ini Cara Antisipasinya

Berikut sederet penyakit yang biasanya akan mengintai usai perayaan Lebaran idul Fitri dan cara mengantisipasinya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut sederet penyakit yang biasanya akan mengintai usai perayaan Lebaran idul Fitri dan cara mengantisipasinya.

Seiring dengan usainya Lebaran Idul Fitri biasanya sederet penyakit mulai mengintai, hal tersebut karena pola makan saat lebaran yang biasanya agak berlebihan.

Saat Lebaran, biasanya kita akan sering menyantap rendang, opor, hingga aneka kue kering seperti nastar hingga brownies. 

Menyantap makanan-makanan yang dihidangkan saat Lebaran boleh-boleh saja. Namun, harus tetap menahan diri dan tetap mengontrol makanan-makanan yang disantap.

BACA JUGA:Kenali 7 Gejala Diabetes, Penyakit Kronis yang Berbahaya, Apalagi Jika Sudah Komplikasi

Karena, sajian makanan saat lebaran tersebut biasanya mengandung banyak lemak, gula, garam, dan kalori yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit.

Ada beberapa penyakit yang akan timbul biasanya saat usai lebaran Idul Fitri, diantaranya:

1. Diabetes

Dikutip situs Kemenkes, diabetes merupakan penyakit yang timbul karena konsumsi gula atau makanan manis secara berlebihan.

Apalagi saat Lebaran, berbagai macam kue kering dan kue basah disajikan, sangat menggoda selera. Apalagi jika disuguhkan es buah atau sirup yang segar.

Jika tidak membatasi asupan gula, maka akan memicu gula darah meningkat yang berisiko diabetes.

BACA JUGA:7 Penyakit yang Butuh Transfusi Darah Selain Hemofilia, Penting untuk Kalian Tahu, Apa Saja?

2. Kolesterol 

Sama halnya seperti gula, kadar lemak yang terkandung pada rendang, opor dan sebagainya dapat memicu naiknya kadar kolesterol.

Sumber: