7 Manfaat Cengkeh yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Jadi Rahasia Pengobatan Selama Berabad-abad

7 Manfaat Cengkeh yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Jadi Rahasia Pengobatan Selama Berabad-abad

Berikut 7 manfaat cengkeh yang belum diketahui banyak orang terbukti sudah digunakan berabad-abad sebagai obat tradisional--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 7 manfaat cengkeh yang belum diketahui banyak orang terbukti sudah digunakan berabad-abad sebagai obat tradisional.

Cengkeh atau Syzygium aromaticum merupakan sejenis rempah-rempah yang berasal dari pohon cengkeh yang dimanfaatkan sebagai rempah masakan.

Selain dikenal luas dalam dunia kuliner ternyata cengkeh juga telah digunakan sebagai obat tradisional selama berabad-abad. 

Namun kandungan manfaat apa sajakah yang ada pada Cengkeh yang belum banyak diketahui orang, Berikut penjelasannya :

BACA JUGA:Mudah Ditemukan Sehari-hari, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

1. Antioksidan dan Antiinflamasi

Cengkeh mengandung senyawa antioksidan, terutama eugenol, yang memberikan manfaat sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Eugenol merupakan senyawa fenolik yang ditemukan dalam minyak cengkeh dan memiliki sifat-sifat yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Seperti melawan Radikal bebas atau molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh. Eugenol dalam cengkeh bertindak sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas ini. 

Eugenol juga memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Peradangan kronis dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, arthritis, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. 

Sifat antioksidan dan antiinflamasi cengkeh dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Radikal bebas dapat merusak pembuluh darah dan memicu peradangan dalam sistem kardiovaskular. 

BACA JUGA:Selain Banyak Manfaat Madu Juga Punya Kandungan Berbahaya? Berikut Fakta Kelebihan dan Kekurangannya

Dengan mengurangi kedua faktor ini, cengkeh dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah pertumbuhan sel kanker.  Sifat antiinflamasi cengkeh juga bermanfaat untuk kesehatan usus. 

Sumber: