7 Manfaat Cengkeh yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Jadi Rahasia Pengobatan Selama Berabad-abad

7 Manfaat Cengkeh yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Jadi Rahasia Pengobatan Selama Berabad-abad

Berikut 7 manfaat cengkeh yang belum diketahui banyak orang terbukti sudah digunakan berabad-abad sebagai obat tradisional--

Sensitivitas insulin yang baik memungkinkan tubuh merespons dengan baik terhadap insulin, hormon yang mengatur penggunaan glukosa oleh sel-sel tubuh.

6. Repelan Serangga Alami

Aroma dari cengkeh dapat berfungsi sebagai repelan serangga alami. Beberapa orang menggunakan minyak esensial cengkeh untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Minyak esensial cengkeh, yang diperoleh dari daun cengkeh, mengandung senyawa aktif seperti eugenol yang memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antifungal, yang dapat memberikan perlindungan terhadap serangga yang bisa menjadi pembawa penyakit.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa minyak esensial cengkeh memiliki efektivitas sebagai repelan terhadap nyamuk dan serangga lainnya. 

BACA JUGA:Segudang Manfaat Rempah, dengan Racikan Khusus Sangat Berguna untuk Vitalitas Pria

Baik dalam bentuk penyemprotan langsung maupun penggunaan dalam campuran minyak esensial lainnya, cengkeh dapat membantu mengusir serangga.

Aroma  khas cengkeh yang kuat dan tajam, dapat menjadi penghalang bagi beberapa serangga, seperti nyamuk dan semut .

Dibandingkan dengan repelan serangga kimia, penggunaan cengkeh sebagai repelan serangga memberikan pilihan yang lebih ramah lingkungan dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.

Untuk penggunaan pribadi, minyak esensial cengkeh dapat dicampur dengan minyak pengencer seperti minyak kelapa atau air, kemudian disemprotkan ke kulit atau pakaian. 

7. Mengurangi Mual

Senyawa Eugenol yang terdapat di dalam cengkeh, memiliki sifat sedatif yang dapat membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan efek menenangkan yang dapat mengurangi gejala mual yang terkait dengan tegangan otot dan stres.

BACA JUGA:Mirip Melon, Buah Berenuk Dipercaya Punya Banyak Manfaat Kesehatan, Sebagai Penawar Racun Ular

Aroma khas cengkeh yang tajam dapat memberikan sensasi menyegarkan dan meredakan perasaan mual yang dapat digunakan dengan diffuser atau menghirup langsung dari botol minyak esensial yang telah diencerkan.

Campuran minyak esensial cengkeh dengan minyak pembawa dapat digunakan dalam pijatan ringan. 

Sumber: