Mudah Ditemukan Sehari-hari, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Mudah Ditemukan Sehari-hari, Ini 5 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Berikut 5 manfaat kunyit yang belum banyak diketahui orang selain sebagai rempah dan bumbu masakan di Indonesia--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 5 manfaat kunyit yang belum banyak diketahui orang selain sebagai rempah dan bumbu masakan di Indonesia.

Kunyit atau Curcuma longa merupakan tanaman rempah-rempahan yang banyak digunakan dalam masakan Asia, terutama di India dan Indonesia. 

Kunyit dikenal karena mengandung senyawa kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Berikut 5 manfaat kunyit yang mungkin tidak begitu banyak orang ketahui:

BACA JUGA:Selain Banyak Manfaat Madu Juga Punya Kandungan Berbahaya? Berikut Fakta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Antiinflamasi dan Antioksidan Tinggi

Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat dan membantu melawan radikal bebas dan meredakan kondisi peradangan dalam tubuh.

Kunyit yang dikonsumsi mempunyai sifat sebagai agen penangkap radikal bebas, yang mengikat dan menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan stres oksidatif.

Dimana kurkumin tersebut akan merangsang aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh, seperti superoxide dismutase (SOD) dan glutation peroksidase, yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif.

Karena memiliki sifat antiinflamasi, kurkumin dapat menjadi pencegahan dan pengobatan arthritis, yang merupakan penyakit inflamasi pada sendi.

BACA JUGA:Tak Hanya Dikonsumsi, 5 Buah Ini Juga Diolah Untuk Produk Kecantikan, Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat memiliki efek protektif dalam penyakit inflamasi usus, seperti colitis ulserativa dan penyakit Crohn.

Sifat antiinflamasi dan antioksidan kurkumin memberikan manfaat dalam mengurangi risiko aterosklerosis dengan melindungi endotel pembuluh darah dan menghambat perkembangan plak aterosklerotik.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sumber: