Waduh, Olahraga Berlebih Ternyata Membahyakan Kesuburan Loh!

Waduh, Olahraga Berlebih Ternyata Membahyakan Kesuburan Loh!

Faktanya olahraga secara berlebih memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya bagi tingkat kesbuburan--

PALEMBANG,RADARPALEMBANG.COM - Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan, namun ternyata berolahraga secara berlebihan malah akan membuat kesuburan terganggu.

Faktanya olahraga secara berlebih memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya bagi tingkat kesbuburan.

Karena dengan melakukan olahraga berat apalagi hingga berlebihan dapat menghambat terjadinya ovulasi atau proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur menuju tuba falopi.

Karena untuk melakukan ovulasi tubuh manusia memerlukan lemak dan energi untuk memproduksi hormon, dengan olahraga berlebih dapat mengakibatkan tubuh kekurangan lemak dan energi.

BACA JUGA:Banyak Makan Namun Masih Teras Lapar, Mungkin Itu Gejala Polifagia, Cari Tau Penyebabnya di Sini

Terhambatnya prosesovulasi ini berakibat terganggunya siklus menstruasi. Menstruasi yng tidak teratur dapat menyebabkan menipisnya dinding rahim.

Hal ini tentu dapat berbahaya, sebab  bila suatu saat pembuahan terjadi, proses menempelnya embrio pada dinding rahim untuk tumbuh menjadi janin juga akan lebih sulit.

Olahraga berlebih juga dapat menggang tingkat kesuran bukan hanya pada wanita namun juga pada pria.

Pada pria tidak disarankan untuk berolahraga secara berlebihan karena dapat menurunkan kualitas sperma, baik itu jumlah ataupun kemampuan sperma untuk bergerak.

BACA JUGA:Mata Kiri Berkedut Pertanda Apa? Cek Fakta dan Penyebabnya di Sini

Untuk itu kita disarankan berolah raga sesuai dengan porsinya dan secara benar.

Buat kalian yang memiliki berat badan ideal hanya disarankan untuk melakukan olahraga tidak lebih dari 4 jam dalam 1 minggu.

Sebaiknya memilih olahraga yang ringan atau olahraga santai yang tidak membebani kerja otot seperti yoga atau berjalan kaki. 

Dan untuk kamu yang memiliki berat badan berlebih kalian disarankan untuk berolahraga 5 jam dalam satu minggu dan dengan intesitas yang tinggi seperti senam aerobik, bersepeda, atau berenang.

Sumber: