Bahaya! Ini yang Terjadi Jika Makan Berlebihan Setiap Hari, Bisa Sebabkan Henti Nafas Saat Tidur

Bahaya! Ini yang Terjadi Jika Makan Berlebihan Setiap Hari, Bisa Sebabkan Henti Nafas Saat Tidur

Makan secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap tubuh seperti obesitas, gangguan mood, hormonal imbalance, henti napas saat tidur, dan lain sebagainya--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Makan secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap tubuh seperti obesitas, gangguan mood, hormonal imbalance, henti napas saat tidur, dan lain sebagainya.

Makan berlebihan atau over eating merupakan suatu tindakan mengkonsumsi makanan melebihi dari kebutuhan.

Namun yang jadi permasalahan kebutuhan setiap orang pasti berbeda-beda, oleh karna itu ukuran berlebihan disini ialah ketika perasaan kenyang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Dari sisi medis mengatakan bahwa  yang dikatakan makan berlebihan adalah makan dengan mengisi volume lambung lebih dari 1 liter karena 1 liter merupakan kapasitas maksimal lambung manusia.

BACA JUGA:Waspada! Kasus Covid-19 di Singapura Naik 2 Kali Lipat Karena Varian EG.5, Ini Gejalanya

Tetapi untuk orang-orang yang sudah obesitas biasanya bisa lebih dari 1 liter karena mereka memiliki lambung yang elastis dan melar.

Namun normalnya untuk orang-orang yang sehat dan tidak memiliki perut yang buncit kapasitas lambung kurang lebih hanya 1 liter.

Perasaan kenyang berlebih hingga tidak nyaman atau uncomfortable full adalah seperti mual,  begah dan kelelahan.

Padahal makanan merupakan sumber energi tapi jika makan berlebihan dapat menyebabkan kelelahan, hal tersebut dikarenakan dalam pencernaan terdapat suatu saraf nervus fagus atau saraf vagus.

BACA JUGA:Waspada! Selain Bikin Kulit Glwoing, Protein Juga Bisa Bikin Fatty Liver Begini Cara Konsumsi yang Benar

Dimana saraf vagus ini  menghubungkan antara otak dan pencernaan, ketika tubuh mengkonsumsi sesuatu akan menimbulkan suatu tekanan di lambung dan usus kita maka saraf ini akan mengirimkan sinyal kotak bahwa sudah kenyang dan untuk berhenti makan.

Jika sudah makan berlebihan dan sinyal tersebut sering sekali diabaikan maka akan perang antara psikis dengan rasa kenyang yang menyebabkan sinyal tersebut akan rusak.

Diantara esofagus dan lambung terdapat cardiac sphincter yang juga ada diantara perbatasan antara lambung dan usus halus.

Esofagus dan lambung dibatasi agar adanya  suatu klep yang menutup agar asam lambung tidak naik ke esofagus, dimana  ph-nya  sangat asam ketika asam lambung tersebut naik.

Sumber: