5 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan Anak, Jangan Anggap Remeh Jadi Penyebab Kanker Otak

5 Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan Anak, Jangan Anggap Remeh Jadi Penyebab Kanker Otak

Dampak Buruk Bermain Smartphone Bagi Kesehatan Anak--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Jangan anggap remeh anak yang sering bermain smartphone karena dapat berdampak buruk pada kesehatan bahkan menjadi penyebab kanker otak.

Dari beberapa penelitian penggunaan smartphone yang terlalu sering pada anak memiliki dampak panjang, khusunya bagi kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan dampak dari radiasi smartphone yang mengacu kepada radiasi elektromagnetik.

Radiasi tersebut berguna untuk sinyal nirkabel agar pengguna dapat berkomunikasi dengan jaringan seluler dan perangkat lainnya, serta untuk mengakses data dan internet. 

Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh smartphone termasuk dalam kategori radiasi non-ionisasi, yang artinya energinya tidak cukup untuk mengionisasi atom atau molekul dalam jaringan hidup.

BACA JUGA:Bahaya! 5 Dampak Buruk Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan, Beresiko Menyebabkan Kanker

Karena hal tersebut anak-anak yang terkena radiasi dari smarthpne akan mengelami dampak buruk pada kesehatannya, berikut dampak dari radiasi smartphone pada anak-anak:

1. Resiko Kanker Otak

Beberapa penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan ponsel dan risiko kanker otak, terutama glioma dan meningioma. 

Radiasi mikro gelombang yang dihasilkan oleh smartphone dapat menyebabkan pemanasan pada jaringan yang terpapar contohnya bagian kepala. 

Meskipun level pemanasan tersebut dianggap rendah dan tidak mencukupi untuk merusak secara signifikan, namun beberapa penelitian menyatakan bahwa paparan jangka panjang memiliki efek yang kumulatif.

Kemudian Radiasi elektromagnetik juga akan membuat atau memicu stres oksidatif dalam sel yang merupakan ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh untuk mengatasi radikal bebas tersebut.

 Dan dari Stres oksidatif inilah yang dapat menjadi salah satu faktor dalam perkembangan beberapa penyakit, termasuk kanker pada otak.

BACA JUGA:Tidak Menjamin Hidup Lebih Sehat, Ternyata Penggunaan Air Fryer Punya Dampak Buruk, Cek Faktanya

Sumber: