Berapa Sebenarnya Beban dan Kecepatan Maksimal Kijang Innova Zenix? Sering Pecah Ban Tiba-tiba

Berapa Sebenarnya Beban dan Kecepatan Maksimal Kijang Innova Zenix? Sering Pecah Ban Tiba-tiba

Beban dan kecepatan maksimal dari mobil Toyota Kijang Innova Zenix yang belakangan ramai diperbincangkan karena sering pecah ban tiba-tiba--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut beban dan kecepatan maksimal dari mobil Toyota Kijang Innova Zenix yang belakangan ramai diperbincangkan karena sering pecah ban tiba-tiba.

Belakangan ramai para pengguna mobil Toyota Kijang Innova Zenix mengalami pecah ban belakang secara tiba-tiba. Insiden itu ramah dibahas di grup Facebook Kijang Innova Zenix / Hybrid Fans & Owners.

Menurut para pengguna Toyota Kijang Innova Zenix ini mereka mengalami pecah ban padahal kondisi mobil dalam keadaan baik dan tekanan ban yang juga normal.

Pemilik akun Rolland Mario misalnya menceritakan pengalaman pecah ban saat menuju Cirebon. Kala itu mobil dipacu pada kecepatan 90-100 km/jam.

BACA JUGA:Ramai Diperbincangkan, Kijang Innova Zenix Sering Pecah Ban, Ternyata Ini Penyebabnya

Pun sebelum melakukan perjalanan, dirinya sudah mengecek tekanan ban dalam kondisi normal.

Keluhan serupa juga disampaikan pemilik akun Evi Liana. Evi menceritakan dirinya mengalami musibah pecah di Tol Desari. Kata Evi, karet ban mobil terlepas dari velgnya.

Padahal, Innova Zenix Q HV CVT itu katanya rutin diservis berkala dan tak pernah mengalami kendala.

Pengalaman serupa juga dialami pengguna Facebook dengan akun Dhany'e Hotten. Kala itu ban belakangnya tiba-tiba pecah saat melaju di kecepatan 120 km/jam.

Seperti diketahui ban standar atau bawaan dari Toyota Kijang Innova Zenix adalah ban OEM (original equipment manufacturer) Dunlop. Lantas seperti apa ketahanan dari ban ini?

BACA JUGA:Cara Mobil Senyaman Pesawat saat Jalan Liburan, Hal Sepele tapi Penting

Mengutip dari laman resmi Dunlop Indonesia, ada beberapa jenis produk ban Dunlop yang di sediakan untuk  Innova Zenix bensin dan hybrid yakni:

  • Enasave EC300+ 205/65R16 95H untuk Innova Zenix tipe G bensin dan hybrid,
  • Enasave EC300+ 215/60R17 96H untuk Innova Zenix tipe V bensin dan hybrid,
  • SP Sport Maxx 050 225/50R18 95V untuk tipe Q Hybrid.

Tentunya ketiga jenis ban Dunlop ini memiliki ukuran dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Untuk diketahui, setiap ban memiliki load index dan speed index yang menggambarkan beban maksimal dan kecepatan maksimal yang bisa dilalui oleh sebuah ban.

Sumber: