Penting Diingat! Berikut 5 Jenis Makanan yang baik untuk Ibu Hamil, Mendukung Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

Penting Diingat! Berikut 5 Jenis Makanan yang baik untuk Ibu Hamil, Mendukung Kesehatan dan Pertumbuhan Bayi

Berikut 5 jenis makanan yang baik untuk kesehatan ibi hami, dan baik untuk perkembangan pada calon bayi--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut 5 jenis makanan yang baik untuk kesehatan ibi hami, dan baik untuk perkembangan pada calon bayi.

Tak hanya menjaga kesehatan, Ibu Hamil juga harus memeperhatikan makanan guna perkembangan gizi pada saat hamil dan juga gizi ini tentunya berpengaruh kepada calon bayi.

Dalam memilih jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil, perlu sangat diperhatikan untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang bagi bayi dan juga si ibu. 

Berikut merupakan 5 jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, yaitu: 

BACA JUGA:Bukan Mitos, 8 Hal Ini Sebaiknya Jangan Dilakukan Selama Hamil, Bahaya Sangat Beresiko Calon Ibu Wajib Tau

1. Ikan yang Kaya Omega-3


Ikan yang Kaya Omega-3--

Asam lemak omega-3, terutama jenis DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), memiliki peran penting dalam perkembangan sistem saraf pusat dan mata bayi. 

Contohnya seperti salmon, sarden, maclerel, dan ikan lautnya yang merupakan sumber utama omega-3, terutama DHA dan EPA. Konsumsi salmon dapat mendukung perkembangan otak dan retina bayi.

Nemun hondari beberapa jenis ikan besar seperti hiu, marlin, dan king mackerel, karena mengandung tingkat merkuri yang tinggi yang dapat merugikan perkembangan sistem saraf pada janin.

Ikan lainnya yang sering dikonsumsi ialah ikan tuna, dimana sebenarnya ikan ini juga mengandung merkuri namun masih dalam tingkat yang lebih rendah maka dari itu disarankan untuk membatasi konsumsinya terutama tuna sirip kuning atau tuna besar.

Sebaiknya variasikan jenis ikan yang dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang beragam dan menghindari terlalu banyak terpapar satu jenis merkuri.

BACA JUGA:8 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Yuk Rutinkan!

Karena dngan memperhatikan jenis ikan yang dikonsumsi dan membatasi ikan dengan kadar merkuri tinggi, ibu hamil dapat memperoleh manfaat omega-3 tanpa risiko merkuri yang berlebihan.

Sumber: