Jangan Salah, Ini Golongan orang yang Diperbolehkan Tak Bayar Utang Puasa Ramadan

Jangan Salah, Ini Golongan orang yang Diperbolehkan Tak Bayar Utang Puasa Ramadan

Berikut ini golongan orang-orang yang diperbolehkan untuk tidak membayar hutang puasa Ramadan dalam aturan Islam--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Berikut ini golongan orang-orang yang diperbolehkan untuk tidak membayar hutang puasa Ramadan dalam aturan Islam.

Dalam aturan Islam menjalankan Puasa Ramadan adalah hal yang diwajibkan, bahkan saat seseorang tidak menjalankanya mereka harus menggantinya (Utang puasa) di hari yang lain.

Namun dalam aturan Islam ada orang yang diperbolehkan untuk tidak mengganti hutang puasa, mengutip dari halaman Nahdlatul Ulama (NU), puasa Ramadan yang dijalankan selama 30 hari tentunya memiliki kompensasi bagi seseorang yang dalam keadaan tidak mungkin untuk menjalankannya.

Seperti yang dijelaskan pada ayat Al-Qur'an bahwasanya utang puasa wajib dibayar oleh seseorang yang sedang melakukan perjalanan (musafir).

BACA JUGA:Yuk Kenali Asam Lambung, Jangan Anggap Sepele! Berikut Berbagi Tips Tetap Sehat Selama Puasa

 

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ۝١٨٤

 

Arab Latin: Ayyâmam ma'dûdât, fa mang kâna mingkum marîdlan au 'alâ safarin fa 'iddatum min ayyâmin ukhar, wa 'alalladzîna yuthîqûnahû fidyatun tha'âmu miskîn, fa man tathawwa'a khairan fa huwa khairul lah, wa an tashûmû khairul lakum ing kuntum ta'lamûn.

Artinya : (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain.

Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

BACA JUGA:Daftar Besaran Zakat Fitrah 2024 Wilayah Sumsel, Jangan Sampai Salah Cek Daerahmu di Sini

Orang yang Diperbolehkan Tak Bayar Utang Puasa Ramadan

Pada saat bulan puasa tentunya hampir seluruh umat Islam ingin melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna dengan cara puasa full selama di bulan Ramadan.

Sumber: