8 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Yuk Rutinkan!

8 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Yuk Rutinkan!

Ilustrasi ibu hamil--

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Jalan kaki adalah salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil dengan berbagai tingkat kebugaran, dan memiliki banyak manfaat.

Salah satunya bisa mengurangi risiko komplikasi kehamilan

Selain itu, penelitian menemukan bahwa berjalan kaki pada akhir kehamilan dikaitkan dengan skor Bishop yang lebih baik (penilaian yang dipakai tim medis untuk melihat kesiapan ibu hamil secara fisik dalam melahirkan),

Tingkat induksi dan operasi caesar yang lebih rendah, dan tingkat persalinan spontan yang lebih tinggi (Journal of Education and Health Promotion, 2021).

BACA JUGA:Asam Sulfat atau Asam Folat, Mana yang Dibutuhkan Ibu Hamil? Jangan Sampai Salah

Ada banyak sekali manfaat jalan kaki untuk ibu hamil. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum merutinkan jalan kaki, cek dulu dengan dokter atau bidan untuk mengetahui keamanannya

Umumnya jalan kaki selama kehamilan aman dilakukan.

Kalau kondisi kamu tergolong berisiko rendah, rutin olahraga saat hamil adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Minum Kopi, Ibu Hamil Juga Wajib Tau

Untuk mengukur berapa banyak jalan kaki yang aman pada trimester berapa pun, kamu bisa menggunakan rekomendasi dari Centers for Disease Control and Prevention ini sebagai panduan:

Perempuan hamil dan nifas sebaiknya berusaha berolahraga sekitar 30 menit sehari selama lima hari seminggu, seperti jalan cepat, berenang, yoga, atau bersepeda dengan sepeda statis.

Kalau kamu adalah seorang yang rajin lari sebelum hamil, kamu bisa terus melakukannya selama dokter atau bidan mengizinkan.

Apabila kamu memiliki kondisi kesehatan yang mendasari, atau komplikasi kehamilan, seperti plasenta previa setelah usia kehamilan 26 minggu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan sebelum berolahraga.

Sumber: