Obat Penyakit Maag Dapat Memperparah Kondisi Lambung? Cek Fakta Lengkapnnya di Sini

Obat Penyakit Maag Dapat Memperparah Kondisi Lambung? Cek Fakta Lengkapnnya di Sini

sejumlah fakta soal konsumsi obat maag yang katanya dapat menyebabkan bertambah parahnya kondisi lambung--

Manfaat lainnya adalah untuk mencerna protein, untuk merangsang produksi asam empedu yang diproduksi oleh liver dan juga lain-lain.

Ketika terjadi penurunan kualitas asam lambung atau peningkatan PH maka asam lambung akan cenderung meningkat hingga LES atau Lower Esophageal sphincter.

Dimana LES ini seperti katup,  ketika tubuh memiliki otot yang lemah di katup tersebut maka akan mudah Asam Lambung naik ke daerah LES atau tenggorokan, yang akan menyebabkan mual dan lain-lain.

Kekurangan asam lambung merupakan salah satu yang disebabkan karena obat-obatan penghilang sakit maag seperti PPI, H2 blocker seperti ranitidine. Dimana obat tersebut akan menurunkan produksi asam lambung.

Jika produksi asam lambung di dalam lambung berkurang makan akan menyebabkan gejala seperti perut begah, mual dan juga asam lambung akan naik.

BACA JUGA:Wajib Lakukan 5 Hal ini Bila Asam Lambung Kamu Naik

Karena dengan mengkonsumsi obat-obatan dalam  jangka panjang dan terus-menerus maka akan meningkatkan asam lambung lagi ketika produksi asam lambung tersebut menurun.

Itulah mengapa meredakan gejala sakit maag dengan cara minum obat justru menimbulkan  potensi masalah yang  lebih besar dikemudian harinya.

Ketika sakit maag tersebut sedang akut atau sedang kambuh ada beberapa makanan yang harus dihindari yaitu :

  • Buah golongan citrus seperti jeruk nipis, jeruk bali, lemon, tomat ya atau  saus tomat dan lain-lain.
  • Golongan cabai, paprika, merica, dan bawang bombay yang mentah. 
  • Kafein seperti kopi, teh hijau, teh hitam, coklat, energi drink  atau minuman berenergi.
  • Alkohol karena akan memberikan dampak yang juga   cukup besar mengganggu pencernaan, seperti  bir, liquor, cocktail dan lain-lain.
  • Makanan yang mengandung lemak tinggi terutama adalah junk food atau Ultra proses  food atau Makanan yang diolah secara berlebihan.

BACA JUGA:Tanpa Obat Penenag, Ini 3 Cara Obati Anxiety atau Depresi, Tak Ada Efek Samping, Dijamin Efektif

Maka dari itu makanan yang boleh dikonsumis ketika sakit maag tersebut sedang akut atau sedang kambuh adalah seperti :

  • Sayur-sayuran terutama golongan glucosinolete seperti  kubis, kemudian sayur-sayuran hijau seperti brokoli, sawi , bayam. Karena Hijau Daun atau klorofil  sangat baik untuk pencernaan terutama   untuk penderita penyakit maag. 
  • Buah-buahan yang bukan golongan citrus seperti apel, pisang, alpukat, pear, dan lain sebagainya.
  • Jahe karena jahe memiliki sifat anti inflamatory yang dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi pada lambung.
  • Lidah buaya atau Aloevera yang memiliki sifat gastroprotective, dimana kandungan ini melindungi  dinding lambung yang membantu untuk  meredakan sakit maagnya.
  • Makanan yang mengandung probiotik yang tidak bersifat acid Contohnya tempe,  miso, natto, dan makanan probiotik alami lainnya.

Untuk itu ketika mengalami penyakit maag akut atau sedang kambuh yang harus dilakukan adalah menjaga pola hidup seperti menjaga makanan yang dikonsumsi.

Sebaiknya hindari meminum obat-obatan untuk meredakan gejalan sakit maag karena obat-obatan tersebut akan memperparah kondisi lambung.

 

Sumber: