KUR Bunga 0 Persen IKAN ASAP Kabupaten PALI Bikin Pelaku Usaha Happy, Bupati: Jangan Disalahgunakan

KUR Bunga 0 Persen IKAN ASAP Kabupaten PALI Bikin Pelaku Usaha Happy, Bupati: Jangan Disalahgunakan

Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meluncurkan program IKAN ASAP atau Insentif Kredit Angsuran Pelaku Usaha atau Subsidi KUR Bunga 0 Persen.-dok kominfo pali-

PALI, RADARPALEMBANG.COM - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meluncurkan program IKAN ASAP atau Insentif Kredit Angsuran Pelaku Usaha atau Subsidi KUR Bunga 0 Persen.

Program IKAN ASAP resmi dilaunching Pemkab PALI melalui Dinas Koperasi dan UKM Sabtu 28 Oktober 2023, bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Lokasi yang diambil PemkabPALI melakukan launching program IKAN ASAP, dipusatkan di halaman Kantor Camat Abab yang terletak di desa Betung.

Program tersebut merupakan terobosan Pemkab PALI yang diinisiasi Bupati Dr Ir H Heri Amalindo MM, untuk membantu permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

BACA JUGA:Google Tertarik Program Bantuan Chromebook, Undang Khusus Bupati PALI, bakal jadi yang Pertama di Sumsel

Launching program IKAN ASAP sendiri dilakukan Bupati Heri Amalindo diwakili Wabup Drs H Soemarjono dihadiri sejumlah kepala OPD dan Forkopimda dilingkungan Pemkab PALI.

"Silakan ajukan pinjaman KUR dengan bunga 0 persen melalui program IKAN ASAP, namun jangan disalahgunakan. Jangan digunakan untuk keperluan yang tidak bermanfaat, tapi jadikan pinjaman itu untuk menambah modal usaha dan mengembangkannya agar pendapatan atau omzet pelaku UMKM meningkat," pesan Bupati melalui Wabup.

Dijelaskan Wabup bahwa tujuan diluncurkannya program IKAN ASAP khusus untuk pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya baik dari sisi SDM, permodalan, omzet dan keuntungan bagi pelaku UMKM.

"Program ini adalah pinjaman bukan bantuan hibah, artinya dana yang telah diterima setelah pengajuan disetujui pihak Bank, wajib dikembalikan dengan ketentuan atau perjanjian yang ditetapkan. Dan gunakan dana tersebut dengan bijak sesuai dengan tujuan diluncurkannya program ini," jelasnya.

BACA JUGA:Abri PALI Menasional, Asuhan Bupati Heri Amalindo Wakili Sumsel

Dengan adanya program IKAN ASAP, Pemda PALI berharap mampu meningkatkan pemberdayaan UMKM serta meningkatkan daya saing.

"Apabila program ini dipergunakan sebagai tambahan modal, maka kami yakin dapat meningkatkan produktivitas,meningkatkan akses pembiayaan produk serta meningkatkan produk-produk unggulan mulai dari kuliner,  kerajinan, bordir, aneka produk fashion, batik yang bersifat ekonomi kreatif," harap Wabup.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten PALI, Raden Abdurrohman mengungkapkan,  penyaluran program IKAN ASAP pihaknya menggandeng Bank Sumsel Babel.

"Kita bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel. Program ini berpedoman pada visi misi Bupati dan Wakil Bupati PALI yakni Serasi Nia yang menjadikan Kabupaten PALI sentra ekonomi rakyat, dalam hal ini yang ditopang pelaku UKM yang sudah teruji tetap bertahan dan beradaptasi dengan segala kondisi," ungkap Rohman kepada media ini, Minggu 29 Oktober 2023.

BACA JUGA:Bikin Tenang, Warga Tak Mampu di Kabupaten PALI Dapat Bantuan Hukum Gratis

Untuk penerima program IKAN ASAP dijabarkan Rohman adalah pelaku UMKM yang belum pernah mengajukan pinjaman KUR dari pihak bank manapun.

"Sesuai ketentuan yang disepakati antara Pemda PALI dan pihak Bank Sumselbabel, penerima program ini adalah UMKM yang baru mengajukan pinjaman KUR. Untuk persyaratan dan ketentuan sama halnya dengan pengajuan kredit KUR pada bank, hanya saja pelaku UMKM yang disetujui pengajuannya hanya membayar pokok pinjaman dengan bunga disubsidi pemerintah," jabarnya.

Terpisah, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Darmiansyah SH, menyebut bahwa pihaknya menyiapkan dana KUR untuk pelaku UMKM pada program IKAN ASAP sebanyak 1.000 kuota.

"Pinjaman melalui program IKAN ASAP maksimal Rp10 juta. Besaran angsuran setiap bulannya sesuai ketentuan dan jangan sampai nunggak. Program ini meringankan pelaku UMKM untuk penambahan modal dengan bunga pinjaman disubsidi pemerintah," sebut Darmiansyah. (*)


Diketahui bahwa program IKAN ASAP diluncurkan bersamaan dengan kegiatan Festival Sagarurung Vol.2.*

Sumber: