USG Gratis FK UNSRI Masuk Rekor Muri, 4.000 Lebih Peserta Ibu Hamil

USG Gratis FK UNSRI Masuk Rekor Muri, 4.000 Lebih Peserta Ibu Hamil

Bakti sosial pemeriksaan Ibu Hamil USG Gratis dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (UNSRI) melampaui target dari 2.000 peserta Ibu hamil dan 4.000 lebih yang ikut pemeriksaan USG secara gratis.-Salamun Sajati/radarpalembang.disway-

BACA JUGA:PJ Walikota Palembang Serahkan Kunci Rumah ke Ibu Sopiah, Bedah Rumah Warga Kelurahan Pahlawan

Selama 61 tahun kiprah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya telah memberikan warna tersendiri terhadap perkembangan sektor pendidikan kesehatan nasional, khususnya di provinsi Sumatera Selatan. 

Berbagai keberhasilan telah menempatkan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya sebagai salah satu fakultas unggulan. 

Sebagai tempat menimba ilmu dibidang kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya senantiasa menjadi tujuan/minat para banyak para calon mahasiswa kedokteran dari berbagai pelosok nusantara. 

Untuk mendukung aktivitas ini, Kemenkes tengah dalam proses menyediakan USG di seluruh Provinsi di Indonesia. 

BACA JUGA:Walikota Palembang dan Baznas Realisasikan Bedah Rumah Warga di RT 19 Kelurahan Pahlawan

Sebelumnya pemeriksaan USG hanya dapat dilakukan di RS atau Klinik, saat ini ibu hamil sudah dapat melakukan pemeriksaan di Puskesmas. 

“Dalam 6 kali pemeriksaan ibu hamil tersebut, dua kali di antaranya harus diperiksa oleh dokter dan di USG,” jelasnya.

Kemenkes secara bertahap akan memenuhi kebutuhan USG di semua Puskesmas di Indonesia. Hingga nantinya akan terpenuhi kebutuhan 10.321 USG di 10.321 jumlah puskesmas pada tahun 2024 di Indonesia. 

Sementara itu, Rektor UNSRI Prof Dr I H Anis Saggaf MSCE  IPU MKU ASEAN Eng APEC Eng diwakili Dekan Fakultas Kedokteran Unsri Dr HSyarif Husin Ms mengucapkan syukur Alhamdulillah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dan juga mendukung program pemerintah. 

BACA JUGA:Ratu Dewa: Demo Warga Tegal Binangun Adalah Aspirasi, Segera Bahas Polemik Tapal Batas Palembang-Banyuasin

“Salah satunya untuk ibu hamil mencegah deteksi dini dalam upaya stunting, kegiatan ini harus betul- betul membantu masyarakat kita dan tentu kita bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat dan bukti nyata tak kenal lelah dari FK Unsri,” tutupnya.

BACA JUGA:Ratu Dewa Respon Cepat Laporan Rumah Warga Roboh Akibat Angin Kencang di Gandus

Sumber: