Persediaan Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Wawako Palembang:Beras Aman, Persediaan Daging Cukup

Persediaan Pangan Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Wawako Palembang:Beras Aman, Persediaan Daging Cukup

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat melakukan sidag di Gudang Bulog untuk memastikan ---- sumeks.co

PALEMBANG, RADAR PALEMBANG.COM – Bagaimana persediaan stok pangan di Palembang memasuki Bulan Suci Ramadhan 1444 hijriah  tahun 2023? Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menajim stok beras aman.

Jaminan persediaan pangan oleh Pemkot itu setelah Walikota Palembang turun ke lapangan mengecek gudang bulog yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Palembang.

Hasilnya, persediaan stok pangan terutama beras di gudang bulog cukup banyak dan melebihi kebutuhan pangan selama Bulan Ramadhan.

BACA JUGA:DPC Gerindra Lahat Turun ke Lokasi Banjir, Beri Bantuan Bahan Pangan Bagi Warga Terdampak

‘’Kita ingin memastikan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) untuk Kota Palembang mencukupi dalam menghadapi masuknya Bulan Suci Ramadhan,’’ujar Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, pada Jumat 10 Maret 2023, mengutip dari sumeks.disway.id.  

Berdasarkan jumlah stok yang ada di Bulog Kota Palembang,  persediaan pangan yang ada saat ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sampai akhir  2023.

Bahkan, jika pada saat Ramadhan terjadi gejolak harga sembako terutama beras dan minyak goreng, pemerintah dan bulog pasti akan melakukan operasi pasar.

BACA JUGA:Tekan Harga Beras, Dewan Minta Dinas Perdagangan dan Bulog lakukan Operasi Pasar

Sesuai dengan fusnginya dari Bulog sendiri adalah menjaga stabilitas harga selain menyediakan stok pangan. Persediaan beras bulog saat cukup banyak dan siap dikeluarkan jika terjadi lonjakan harga bera di pasar.

Menurut Fitri, menghadapi bulan Ramadhan  dan Idul Fitri, Bulog tidak hanya menyediakan persediaan beras akan tetapi juga akan menyuplai kebutuhan daging bagi masyarakat Palembang.

BACA JUGA:Permintaan Daging, Biasanya 15 Ton Sehari, Nanti 50 Ton Selama Ramadhan

Saat ini bulog juga sedang menyetok persediaan daging kerbau sebagai pengganti daging sapi. Daging itu nantinya akan dilempar ke pasar dengan harga terjangkau.

Senada dengan Wawako Fitrianti Agustinda,  Pemimpin Bulog Kantor Wilayah Sumsel Babel, Mohamad Alexander, juga memastikan persediaan stok pangan saat ini cukup banyak.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir dalam memasuki Bulan Ramadhan da Idul Fitri 2023. ‘’Kita jamin stok pangan cukup. Bulog akan melakukan stabilisasi harga jika terjadi gejolak di pasar,’’tegas Alexander.

Permintaan Daging Meningkat 300 Persen Lebih

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti sebelumnya pernah mengungkapkan permintaan daging selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 300 persen lebih.

JBACA JUGA:Banyuasin Suplier Daging Terbesar Sumater Selatan

Jika pada hari biasa permintaan daging di Kota Palembang hanya 15 ton  maka pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri meningkat menjadi 50 ton perhari.

" Pada hari biasa, permintaan daging segar hanya sebanyak 10-15 ton per hari," ujarnya Rabu 8 Maret 2023.

Dia mengatakan, lonjakan permintaan daging segar memang sangat luar biasa pada bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA:Bulog Sumsel Gelar Operasi Pasar, Jual Beras Murah Rp8.500 Per Kilogram

Bahkan Ramadhan tahun ini, permintaan daging diprediksi meningkat dua kali lipat menjadi 50 ton per hari.

"Kebutuhan daging sapi mulai meningkat tidak hanya saat lebaran Idul Fitri saja tapi sejak menjelang ramadhan," kata Sayuti.

Terutama mendekati lebaran, lebih dari 50 sapi dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) demi memenuhi lonjakan kebutuhan daging segar yang dibutuhkan umat Islam ini.

"Saat lebaran permintaan daging segar bisa sampai 100 ton, tidak hanya daging beku yang diminati," jelas Sayuti. (*) 

Sumber: