Bulog Sumsel Gelar Operasi Pasar, Jual Beras Murah Rp8.500 Per Kilogram

Bulog Sumsel Gelar Operasi Pasar,  Jual Beras Murah Rp8.500 Per Kilogram

Stok beras di Bulog Sumsel yang mengelar operasi pasar untuk menstabilkan harga beras yang terus merangkak naik dalam dua pekan terakhir di kota Palembang--sumeks.disway.id

PALEMBANG, RADARPALEMBANG.COM - Untuk mengatasi kenaikan harga beras dalam dua pekan terakhir, hingga tembus di harga Rp 11 ribu per kilogram untuk beras medium, Perum Bulog kantor wilayah Sumatera Selatan-Bangka Belitung (Sumsel Babel) bergerak cepat.

Perum Bulog menyiapkan sebanyak 8.900 ton beras untuk program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) beras di pasaran Sumsel.

Pimpinan Kantor Wilayah Bulog Sumsel Babel, Mohamad Alexander mengatakan beras tersebut merupakan beras medium yang digelontorkan untuk menstabilkan di pasaran Sumsel.

Berdasarkan pemantauan harga per hari ini, Rabu 25 Januari 2023 dari dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan Sumsel mencatat saat ini harga jual beras medium di atas eceran tertinggi yakni Rp 11 ribu per kilogram.

BACA JUGA:BNN Sumsel Tangkap Nurhasan Tersangka Bawa 115 Kilogram Sabu-sabu di Palembang

Sedangkan beras premium di harga jual Rp 12 ribu per kilogram. Kenaikan itu dilaporkan terjadi di sejumlah pasar di Sumsel.

Menurutnya, Bulog Sumsel Babel menyiapkan 8.900 ton beras medium, sebanyak  2.500 ton sudah disalurkan sejak awal Januari hingga Senin, 23 Januair 2023 tadi. “Sisanya saat ini masih ada 6.400 ton stok beras di gudang Bulog yang diperuntukkan untuk program SPHP ini,” ujarnya.

Beras yang disiapkan dalam program SPHP ini disalurkan secara langsung melalui operasi pasar, mulai dari pasar tradisional hingga ke toko ritel binaan Bulog.

Pihaknya juga mempersilahkan bagi pedagang atau masyarakat yang hendak membeli beras langsung ke gudang Bulog yang ada di cabang wilayah terdekat.
BACA JUGA:Akhirnya, Wabup Muara Enim Dilantik, Penjagaan Super Ketat, Pengambilan Sumpah Jabatan Berlangsung Tertutup

Jika membeli di gudang Bulog, mereka bisa mendapatkan beras dengan harga Rp8.300 per kilogram.

Namun jika membelinya di operasi pasar, mereka bisa mendapatkan harga Rp8.500 per kilogram.

“Khusus pedagang yang ingin menjual beras medium Bulog harus di bawah HET," ujarnya melansir ANTARA.

SPHP beras ini diluncurkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan komoditas tersebut di setiap daerah mulai awal Januari hingga 31 Desember 2023.

Sumber: berbagai sumber