Reshuffle Kabinet, Jokowi Depak 3 Menteri Nasdem Menguat, Koalisi Perubahan Makin Kokoh, Jalan Anies Lempang

 Reshuffle Kabinet, Jokowi Depak 3 Menteri Nasdem Menguat, Koalisi Perubahan Makin Kokoh, Jalan Anies Lempang

Presiden Jokowi bersama Surya Paloh pada suatu kesempatan. Kini Nasdem bakal memilih menterinya direshuffle demi koalisi perubahan makin kokoh----jpnn

JAKARTA, RADARPALEMBANG.COM - Semakin menguat 3 orang menteri dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) bakal kena reshuffle oleh presiden pasca pertemuan Surya Paloh dengan Jokowi. 

Menguatnya 3 menteri NasDem terkena Reshuffle mengindikasikan, itulah isi pembicaraan saat Surya Paloh bertemu dengan Presiden Jokowi. 

Paloh memilih, presiden Jokowi depak depak menteri NasDem dari kabinet yang pada akhirnya akan memperkokoh keberadaan koalisi perubahan dan jalan Capres Anies Baswedan semakin lempang. 

BACA JUGA:8 Kali Demokrat Prabumulih Buka Akses Jalan, Terbaru Tembus ke Muara Enim

Ini suatu stretegi politik matang dari Paloh, sebagai seorang king maker kontestasi kepemimpinan nasional. Pada lain sisi, umur pemerintahan Jokowi hanya tinggal 1 tahun.

Surya Paloh dan Partai NasDem memilih lebih cepat medeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres pada Pemilu 2024, lantaran tidak ingin terjadi pembelahan lagi di tengah masyarakat. Dia melihat hal itu sangat membayakan terhadap keuntuhan NKRI. 

Surya Paloh berinisiatif membentuk koalisi perubahan dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) agar pada Pilpres 2024, setidak ada tiga pasang calon. 

BACA JUGA:Modus Jaringan Narkoba Internasional Masukkan Sabu ke Palembang, Disamarkan Lewat Kemasan Brand Impor

Jika hanya dua pasang calon, pembelahan  di tengah masyarakat akan semakin meruncing. Maka dari itu, perpecahan antar anak bangsa yang bisa mengancam NKRI akan semakin parah. 

Untuk mencapai idealisme itu, Surya Paloh lebih memilih kader-kader tidak lagi berada di Kabinet Indonesia Bersatu.  

Dia pun mengorban nikmat politik jangka pendek demi tercapainya koalisi tiga kaki –perpaduan nasionalis, agama – untuk kemaslahatan bangsa di masa depan. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Bus AKAP Asal Aceh Sempati Star Selundupkan 30 Kg Ganja

Presiden Jokowi akan reshuffle 3 meneri dari NasDem itu adalah, pertama, Johnny G Plate yang saat ini menduduki jabatan sebagai menteri komunikasi dan informasi. 

Kedua yang bakal terdepak dari kabinet adalah, Shahrul Yasin Limpo yang saat menempati posisi Menteri Pertanian. Ketiga adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar

Sumber: